dc.identifier.citation | 1. Berger, P. and T. Luckman. 1967. The Social Construction of Reality. London. Allen Lane. 2. Chakhshi, Sonal, Clea Fernandes. 2004. Cellenger to Importing Japanes Lesson Study. Bloomington Concerns, Miscoseptions, and Nuancen. www.proquets.umi. com. 3. ------------ . 2005. Reaping the Systemic Benefits of Lesson Study Bloomington: Insights from the U.S. Vol 86. www.proquets.umi.com. 4. Lewis, Catherine C. 2002. Lesson study: A Handbook of Teacher-Led Instructional Change. Philadelphia, PA: Research for Better Schools, Inc. 5. Lewis Catherine C. 2004 Does Lesson Study Have a Future in the United States? Online: http:// www.sowi-online.de/journal/2004-1/lesson_lewis.htm 6. Miles, B.M., Michael, H. 1992. Qualitative Data Analisys.Jakarta: UI Press 7. Saito. E. 2006. Development of school based in-service teacher training under the Indonesian Mathematics and Science Teacher Education Project. Improving Schools. Vol.9 (1): 47-59 8. Subadi. T,. Samino (2009. 2010, 2011). Pengembangan Model Peningkatan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Lesson Study Bagi Guru SD Se-Karesidenan Surakarta Tahun I (Laporan Penelitian di Publikasikan di Perpustakaan Pusat UMS). 9. Subadi T,. 2009. Pengembangan Model Untuk Meningkatkan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Lesson Study di Sekolah Dasar Kota Surakarta. Jurnal Sekolah Dasar Kajian Teori dan Praktik Pendidikan. Tahun 18. Nomor 2 November 2009. ISSN 0854-8285. Malang: UN Malang. 10. Subadi.T,. Sutarni S., Rita P. Kh.. 2012. Medel Pembinaan Pendidik Profesional (Suatau Penelitian dengan Pendekatan Lesson Study pada Guru-Guru Sekolah Muhammadiyah Sukoharjo Tahun I (Laporan Penelitian Dipublikasikan di Perpustakaan Pusat UMS). 11. Stephen L. Thompson, 2007, Science Activities, Washington: Winter 2007. Vol. 43. Iss. 4, pg.27, 7 pgs. 12. Stewart, R, Brederfur, J. 2005. Fusing Lesson Study and Aithetic Achievent. Bloomington: A. Model for Teacher Collabooration. www.proquest.umi.com 13. Tim Piloting. 2007. Laporan Kegiatan Piloting. Bandung: IMSTEP-JICA FMIPA UPI Bandung. 14. Tim LS. 2011. Laporan Pelaksanaan Program Perluasan Lesson Study Untuk Penguatan LPTK pada Jurusan Pendidikan MIPA Prodi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi FKIP UMS. Surakarta: FKIP UMS (Asrip Prodi Pendidikan Matematika dan Biologi, tidak dipublikasikan). 15. Tim LS. 2012. Laporan Pelaksanaan Program Perluasan Lesson Study Untuk Penguatan LPTK pada Jurusan Pendidikan MIPA Prodi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi FKIP UMS. Surakarta: FKIP UMS (Asrip Prodi Pendidikan Matematika dan Biologi, tidak dipublikasikan). | in_ID |
dc.description.abstract | Tujuan artikel ini ingin mengetahui; 1) Model peningkatan pemahaman dosen terhadap lesson study sebagai model pembinaan pendidik untuk meningkatkan keprofesionalan 2) Peningkatan kualitas perkuliahan di prodi IPS, MIPA dan Biologi FKIP UMS. 3) Peningkatan kemampuan belajar mahasiswa pada aspek kognitif tingkat tinggi. 4) Sistem peningkatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan bagi mahasiswa. Metode penulisan berbasis penelitian dengan pendekatan kualitatif fenomenologi, paradigmanya definisi sosial yang bergerak pada kajian mikro. Tempat penelitian di LPTK (FKIP-UMS). Informan penelitian; pimpinan Universitas, Fakultas, Prodi, dosen dan Mahasiswa UMS. Metode pengumpulan data: observasi, angket dan wawancara mendalam dengan teori fist order understanding and second order understanding. Metode analisis data: menggunakan proses alur yakni reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Kesimpulan: 1) Model peningkatan pemahaman dosen terhadap lesson study dengan “workshop dan pelatihan”. 2) Peningkatan kualitas perkuliahan menggunakan sistem pendampingan perkuliahan berbasis lesson study; monev internal dan eksternal dan seminar hasil. 3) Peningkatan kemampuan belajar mahasiswa melalui implementasi PAKKEM, belajar tutor sebaya, kesiapan belajar mahasiswa, pembelajaran berbasis IT. 4) Sistem peningkatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif bagi mahasiswa dengan perkuliahan berbasis lesson study modifikasi. | in_ID |