Pendampingan Pembelajaran Guru Ilmu Pengetahuan Sosial (Suatu Penelitian dengan Pendekatan Lesson Study pada Guru-Guru Sekolah Swasta Kabupaten Klaten)
Abstract
Tujuan penelitian ini 1) mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi guru IPS dalam pengembangan model pendampingan pembelajaran berbasis lesson study di Sekolah Swasta Klaten, Jawa Tengah, Indonesia 2) mengkaji efektivitas pendampingan pembelajaran guru IPS yang profesional, 3) mengkaji validasi pendampingan pembelajaran sebagai model pembinaan guru profesinal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis, subjek penelitiannya siswa, guru, kepala sekolah, kepala dinas pendidikan, dan anggota DPRD. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan first order understanding dan second order understanding. Kesimpulan penelitian ini: 1) terdapat empat masalah yang dihadapi guru IPS dalam pengembangan model pendampingan pembelajaran berbasis lesson study di Sekolah Swasta Klaten, yaitu; permasalahan internal, eksternal, dan komitmen guru 2) Efektivitas pendampingan pembelajaran guru IPS berbasis MGMP, berkolaborasi, dan totor sebaya 3) validasi pendampingan pembelajaran pembelajaran sebagai model pembinaan guru IPS yang professional adalah validasi pengembangan teaching plan dan teaching material, validasi pelaksanaan open lesson dan refleksi.