Show simple item record

dc.contributor.authorSubadi, Tjipto
dc.date.accessioned2016-07-02T03:04:01Z
dc.date.available2016-07-02T03:04:01Z
dc.date.issued2013-01-12
dc.identifier.citationBerger, P. and T. Luckman. 1967. The Social Construction of Reality. London: Allen Lane. ---------------. 1990. Tafsir Sosial atas Kenyataan. Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan. Jakarta: LP3ES. Chakhshi, Sonal, Clea Fernandes. 2004. Cellenger to Importing Japanes Lesson Study. Bloomington Concerns, Miscoseptions, and Nuancen. www.proquets.umi.com. ----------------- . 2005. Reaping the Systemic Benefits of Lesson Study Bloomington: Insights from the U.S. Vol 86. www.proquets.umi.com. Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesi Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas RI. ----------------- . 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas RI. Harta Idris dan Djumadi. 2009. Pendalaman Materi Metode Pembelajaran. Modul PLPG. Departeman Pendidikan Nasional. Universitas Muhammadiyah Surakarta Panitia Sertifikasi Guru Rayon 41. Surakarta: BP FKIP-UMS. Inagaki, T. and Sato, M. (1996). Jugyo Kenkyu Nyumon (Introduction to Lesson Study. Tokyo: Iwanami. Marsigit. 2007. Mathematics Teachers’ Professional Development Through Lesson Study in Indonesia. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3 (2), 141-144. Miles, B. M., Michael, H., 1992, Qualitative Data Analisys, dalam H.B. Sutopo (1984), Taman Budaya Surakarta dan Aktivitas Seni di Surakarta, Laporan Penelitian, FISIPOL UNS. Mulyasa, 2004, Menjadi Kepala sekolah Profesional. Bandung: Remaja rosda Karya. Robinson N. 2006. Lesson Study: An example of its adaptation to Israeli middle school teachers. (Online): stwww.weizmann.ac.il/G-math/ICMI/ Robinson proposal.doc Subadi. T (2009). Pengembangan Model Peningkatan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Lesson Study Bagi Guru SD Se-Karesidenan Surakarta (Laporan Penelitian di Publikasikan di Perpustakaan Pusat UMS). ------------, 2009. Sosiologi dan Sosiologi Pendidikan (Suatu Kajian Boro dari Perspektif Sosiologis Fenomenologis.Katasura: Fairuz media Duta Pemata Ilmu. -------------. 2009. Pengembangan Model Untuk Meningkatkan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Lesson Study di Sekolah Dasar Kota Surakarta. Jurnal Sekolah Dasar Kajian Teori dan Praktik Pendidikan. Tahun 18. Nomor 2 November 2009. ISSN 0854-8285. Malang: UN Malang. Stephen L. Thompson, 2007, Science Activities, Washington: Winter 2007. Vol. 43. Iss. 4, pg.27, 7 pgs. Stewart, R, Brederfur, J. 2005. Fusing Lesson Study and Aithetic Achievent. Bloomington: A. Model for Teacher Collabooration. www.proquest.umi.com Tim Pengembang Sertifikasi Kependidikan. 2003. Pedoman Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kependidikan (draft). Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi Ditjen Dikti Depdiknas. William Cerbin and Bryan Kopp. 2006. Lesson Study as a Model for Building Pedogogical Knowledge and Improving Teaching. In International Journal of Teaching and Learning in Higher Education. 18 (3), 150-257. ISSN 1812-9129in_ID
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7374
dc.description.abstractTujuan penelitian ini 1) mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi guru IPS dalam pengembangan model pendampingan pembelajaran berbasis lesson study di Sekolah Swasta Klaten, Jawa Tengah, Indonesia 2) mengkaji efektivitas pendampingan pembelajaran guru IPS yang profesional, 3) mengkaji validasi pendampingan pembelajaran sebagai model pembinaan guru profesinal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis, subjek penelitiannya siswa, guru, kepala sekolah, kepala dinas pendidikan, dan anggota DPRD. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan first order understanding dan second order understanding. Kesimpulan penelitian ini: 1) terdapat empat masalah yang dihadapi guru IPS dalam pengembangan model pendampingan pembelajaran berbasis lesson study di Sekolah Swasta Klaten, yaitu; permasalahan internal, eksternal, dan komitmen guru 2) Efektivitas pendampingan pembelajaran guru IPS berbasis MGMP, berkolaborasi, dan totor sebaya 3) validasi pendampingan pembelajaran pembelajaran sebagai model pembinaan guru IPS yang professional adalah validasi pengembangan teaching plan dan teaching material, validasi pelaksanaan open lesson dan refleksi.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.subjectmodelin_ID
dc.subjectpeningkatanin_ID
dc.subjectprofesionalin_ID
dc.subjectpendidikin_ID
dc.subjectlesson studyin_ID
dc.subjectvalidasiin_ID
dc.titlePendampingan Pembelajaran Guru Ilmu Pengetahuan Sosial (Suatu Penelitian dengan Pendekatan Lesson Study pada Guru-Guru Sekolah Swasta Kabupaten Klaten)in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record