Model Pelatihan Guru Ilmu Pengetahuan Sosial di SMA Muhammadiyah Simo Boyolali
Abstract
Tujuan penelitian ini mengkaji dan mendiskripsikan 1) Model pelatihan guru IPS di SMA Muhammadiyah Simo. 2) Uji validasi model pelatihan guru IPS di SMA Muhammadiyah Simo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Tempat penelitian di SMA Muhammadiyah Simo Boyolali. Desain penelitiannya berbasis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitiannya siswa, guru, Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Teknik wawancaranya menggunakan teori first order understanding. Teknik analisis data menggunakan teori second order understanding. Kesimpulan penelitian 1) Model pelatihan guru IPS di SMA Muhmmadiyah Simo menggunakan model lesson study modifikasi. 2) Validasi model pelatihan menggunakan dua validasi, yaitu validasi teori dan validasi praktik