dc.identifier.citation | Berger, P. and T. Luckman. 1967. The Social Construction of Reality. London. Allen Lane. Dikti. 2013. Pedoman Penyaluran Hibah LS Batch VI Dikti. Jakarta. Dikti Inagaki, T., & Saito, M. 2012. Jugyo Kenkyu Nyumon (Introduction to Lesson Study). Tokyo: Iwanami. Lewis, Catherine C. 2002. Lesson study: A Handbook of Teacher-Led Instructional Change. Philadelphia, PA: Research for Better Schools, Inc. Miles, B.M., Michael, H. 1992. Qualitative Data Analisys.Jakarta: UI Press Saito. E. 2006. Development of school based in-service teacher training under the Indonesian Mathematics and Science Teacher Education Project. Improving Schools. Vol.9 (1): 47-59 Subadi T., Sutarni, Ritas P., Kh. (2013). A Lesson Study as a Development Model of Professional Teachers. (Macrothink Institute Journal International of Educatian. ISSN 1948-5476. Vol. 5, No. 22013). United States. info@macrothink.org. Website: www.macrothink.org. Subadi T. 2009. Pengembangan Model Untuk Meningkatkan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Lesson Study di Sekolah Dasar Kota Surakarta. Jurnal Sekolah Dasar Kajian Teori dan Praktik Pendidikan. Tahun 18. Nomor 2 November 2009. ISSN 0854-8285. Malang: UN Malang. Subadi T., Samino . 2010. Pengembangan Model Peningkatan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Lesson Study Bagi Guru SD Se-Karesidenan Surakarta Tahun II (Laporan Penelitian di Publikasikan di Perpustakaan Pusat UMS). -------- . (2011). Pengembangan Model Peningkatan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Lesson Study Bagi Guru SD Se-Karesidenan Surakarta Tahun III (Laporan Penelitian di Publikasikan di Perpustakaan Pusat UMS). Subadi.T., Sumardi, Sutarni, Ritas P., Kh. (2014). Medel Pembinaan Pendidik Profesional (Suatau Penelitian dengan Pendekatan Lesson Study pada Guru-Guru Sekolah Muhammadiyah Sukoharjo Tahun 3 (Laporan Penelitian Dipublikasikan di Perpustakaan Pusat UMS). Stephen L. Thompson, 2007, Science Activities, Washington: Winter 2007. Vol. 43. Iss. 4, pg.27, 7 pgs. Stewart, R, Brederfur, J. 2005. Fusing Lesson Study and Aithetic Achievent. Bloomington: A. Model for Teacher Collabooration. www.proquest.umi.com | in_ID |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini mengkaji dan mendiskripsikan 1) Model pelatihan guru IPS di SMA Muhammadiyah Simo. 2) Uji validasi model pelatihan guru IPS di SMA Muhammadiyah Simo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Tempat penelitian di SMA Muhammadiyah Simo Boyolali. Desain penelitiannya berbasis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitiannya siswa, guru, Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Teknik wawancaranya menggunakan teori first order understanding. Teknik analisis data menggunakan teori second order understanding. Kesimpulan penelitian 1) Model pelatihan guru IPS di SMA Muhmmadiyah Simo menggunakan model lesson study modifikasi. 2) Validasi model pelatihan menggunakan dua validasi, yaitu validasi teori dan validasi praktik | in_ID |