• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil UMS
    • Seminar Nasional Teknik Sipil VI 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil UMS
    • Seminar Nasional Teknik Sipil VI 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Modulus Reaksi Interlayer (Nilai-KV) SAMI-Rubbercret dan Aplikasinya Pada Desain Unbonded Overlay Perkerasan Bandara

    Thumbnail
    View/Open
    paper_[S-03].pdf (751.7Kb)
    Date
    2016-05-25
    Author
    Ngii, Edward
    Satyarno, Iman
    Suparma, Latif Budi
    Siswosukarto, Suprapto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Nilai modulus reaksi interlayer sangat berpengaruh terhadap desain tebal perkerasan kaku terutama pada konstruksi dengan beban berat seperti perkerasan bandara. Penelitan sebelumnya menunjukkan bahwa rubbercret dapat dirancang lebih daktail sehingga berpotensi sebagai bahan stress absorbing membran interlayer (SAMI) pada overlay perkerasan kaku. Tujuan penelitian saat ini adalah untuk mengetahui nilai modulus reaksi interlayer SAMI-rubbercret untuk desain lapis overlay perkerasan bandara.Perancangan komposisi awal SAMI-RC dilakukan dengan cara coba-coab terhadap nilai faktor air semen (fas). Jumlah semen yang digunakan sebesar 400 kg/m3 dengan perbandingan berat karet serutan terhadap pasir yaitu 0/100; 20/80; 40/60; 60/40; 80/20; dan 100/0. Perancangan nilai fas melalui uji sebar mengacu pada standar ASTM C 230. Nilai fas yang digunakan dalam perencanaan mengacu pada ASTM C270-57T dengan nilai konsistensi mortar yang disyaratkan adalah 70-115%. Benda dibuat berbentuk silinder dengan diameter 16 cm dengan tebal 1, 2, dan 3 cm atau sebesar 4%, 8% dan 12% dari tebal eksisting. Pengujian nilai-kv dilakukan setelah bahan SAMI-Rubbercret berumur 28 hari menggunakan mesin uji tekan, LVDT dan data logger.Hasil analisis diperoleh nilai-kv SAMI-Rubbercret yang dapat memberikan dukungan yang sama antara pada lapis overlay dengan full depth diperoleh pada penggunaan SAMI-RC40 setebal 2 cm. Tegangan maksimum yang diperoleh pada penggunaan SAMI-RC40 setebal 2 cm pada sistem overlay yaitu sebesar 2,203 MN/m3. Nilai ini telah mendekati tegangan yang terjadi pada full depth pavement sehingga lapis overlay dapat berfungsi seperti perkerasan baru.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7508
    Collections
    • Seminar Nasional Teknik Sipil VI 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV