Show simple item record

dc.contributor.authorNgii, Edward
dc.contributor.authorSatyarno, Iman
dc.contributor.authorSuparma, Latif Budi
dc.contributor.authorSiswosukarto, Suprapto
dc.date.accessioned2016-08-08T04:19:21Z
dc.date.available2016-08-08T04:19:21Z
dc.date.issued2016-05-25
dc.identifier.citationAASHTO, 1993, Guide for Design of Pavement Structure, American Association of State Highway and Transportation Officials, USA. ASTM C 230, 2008,Standard Test Method for Flow Table for Use in Tests of Hydraulic Cement. ASTM C270-57T Standard Specification for Mortar for Unit Masonry Edward-Ngii, Satyarno, I., Suparma, L. B. & Siswosukarto, S., 2014. Rancangan Laboratorium Beton karet (rubcret) sebagai bahan interlayer. Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil V, UMS, Surakarta. FHWA, 2006. Geotechnical Aspects of Pavements Reference Manual, Publication FHWA No. NHI-05-03, Federal Highway Administration, U.S. Department of Transportation. FAA, 1995. Airport Pavement Design and Evaluation, United States of America: Advisory Circular AC-150/5320-6E. Harrington, D., 2008. Guide to Concrete Overlays, Second edition, Iowa State University: National Concrete Pavement Technology Center. Hermann, F.V., 1997, A Sensitivity Study of Layered Elastic Theory for Airport Pavement Design. Proceeding of Aircraft/Pavement Technology In The Midst of Change, Airfield Pavement Commitee, ASCE, August 17-20, Seattle, Washington. ICAO, 1983. Aerodrome Design Manual, Part 3-Pavements. 2nd ed. USA: International Civil Aviation Organization. Rilem, 2011. Bonded Cement-Based Material Overlays for the Repair, the Lining or the Strengthening of Slabs or Pavements, State of the Art Report of the RILEM Technical Committee, Volume 3, Springer, New York. Satyarno, 2006. Penggunaan Serutan Karet Ban Bekas Untuk Campuran Beton, Jurnal Media Teknik, No. 4, Vol. XXVIII, pp. 45-51. Westergaard, H., 1926. Stress in Concrete Pavements Computed by Theoretical Analysis. Journal of Public Roads, Volume 7, pp. 225-235. Yoder, E. J. dan Witczak, M. W., 1975. Principal of Pavement Design. 2nd ed. New York: John Wiley and Sons, Inc.in_ID
dc.identifier.issn2459-9727
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7508
dc.description.abstractNilai modulus reaksi interlayer sangat berpengaruh terhadap desain tebal perkerasan kaku terutama pada konstruksi dengan beban berat seperti perkerasan bandara. Penelitan sebelumnya menunjukkan bahwa rubbercret dapat dirancang lebih daktail sehingga berpotensi sebagai bahan stress absorbing membran interlayer (SAMI) pada overlay perkerasan kaku. Tujuan penelitian saat ini adalah untuk mengetahui nilai modulus reaksi interlayer SAMI-rubbercret untuk desain lapis overlay perkerasan bandara.Perancangan komposisi awal SAMI-RC dilakukan dengan cara coba-coab terhadap nilai faktor air semen (fas). Jumlah semen yang digunakan sebesar 400 kg/m3 dengan perbandingan berat karet serutan terhadap pasir yaitu 0/100; 20/80; 40/60; 60/40; 80/20; dan 100/0. Perancangan nilai fas melalui uji sebar mengacu pada standar ASTM C 230. Nilai fas yang digunakan dalam perencanaan mengacu pada ASTM C270-57T dengan nilai konsistensi mortar yang disyaratkan adalah 70-115%. Benda dibuat berbentuk silinder dengan diameter 16 cm dengan tebal 1, 2, dan 3 cm atau sebesar 4%, 8% dan 12% dari tebal eksisting. Pengujian nilai-kv dilakukan setelah bahan SAMI-Rubbercret berumur 28 hari menggunakan mesin uji tekan, LVDT dan data logger.Hasil analisis diperoleh nilai-kv SAMI-Rubbercret yang dapat memberikan dukungan yang sama antara pada lapis overlay dengan full depth diperoleh pada penggunaan SAMI-RC40 setebal 2 cm. Tegangan maksimum yang diperoleh pada penggunaan SAMI-RC40 setebal 2 cm pada sistem overlay yaitu sebesar 2,203 MN/m3. Nilai ini telah mendekati tegangan yang terjadi pada full depth pavement sehingga lapis overlay dapat berfungsi seperti perkerasan baru.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectinterlayerin_ID
dc.subjectOverlayin_ID
dc.subjectSAMI-Rubbercretin_ID
dc.subjectUnbondedin_ID
dc.titleModulus Reaksi Interlayer (Nilai-KV) SAMI-Rubbercret dan Aplikasinya Pada Desain Unbonded Overlay Perkerasan Bandarain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record