Show simple item record

dc.contributor.authorAriastuti, Anik
dc.date.accessioned2016-08-18T06:36:19Z
dc.date.available2016-08-18T06:36:19Z
dc.date.issued2014-12
dc.identifier.citationBrown, H. Douglas. 1994. Principles of Language Learning and Teaching (Third Edition). Englewood Cliff: Prentice Hall, Inc. Depdiknas. 2005. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madkarakterh Tsanawiyah. Pedoman Khusus Mata Pelajaran :Jakarta. Dharma Bhakti. Depdiknas. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas. Fisher, L Don. 2003. Using Power Point for ESL Teaching. The Internet TESL Journal, VOL IX No, 4. April 2003. Available at : http://iteslj.org/. Hornby, AS. 1986. Oxford Advanced learne’s Dictionary of Current English. Oxford University Press.in_ID
dc.identifier.issn0852-9604
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7545
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Powerpoint dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan listening siswa SMP. Masalah yang disoroti pada penelitian ini adalah motivasi belajar yang rendah dan kemampuan listening kelas VIII.A siswa SMPN 1KlatenTahun pelajaran 2014-2015. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan September hingga Nopember 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus.Setiap siklus terdiri atas empat tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan, dan refl eksi. Deskriptif-komparatif dilakukan dengan membandingkan data kondisi awal, siklus 1 dan siklus 2, baik untuk motivasi belajar siswa maupun kompetensi listening. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari skor rerata motivasi belajar dari kondisi awal, siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan. Pada siklus 1 rerata skor naik 0,22 yaitu dari 2,79 menjadi 3,01. Pada siklus 2 rerata skor naik 0,49 yaitu dari 3,01 menjadi 3,50, 2) kompetensi listening materi teks naratif juga naik dari rata-rata 63 menjadi 85, berarti kompetensi listening 22. Persentase jumlah siswa yang mencapai nilai ≥74 juga meningkat dari 65% pada kondisi awal menjadi 85% pada kondisi akhir, berarti meningkat 20%. Hipotesis menyatakan bahwa motivasi belajar siswa dan kompetensi listening teks naratif siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1Klaten semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015 dapat ditingkatkan melalui penerapan teknik presentasi powerpoint dapat diterima.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectpowerpointin_ID
dc.subjectmotivasiin_ID
dc.titlePenerapan Teknik Presentasi Powerpoint Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Kemampuan Listening Teks Naratif Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record