• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pengalaman Mengajar Terhadap Kompetensi Guru (Lembaga Pendidikan Non Profit)

    Thumbnail
    View/Open
    2.pdf (212.0Kb)
    Date
    2016-08-03
    Author
    Nainggolan, Romauli
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Lembaga pendidikan ada yang bersifat formal dan nonformal. Lembaga pendidikan nonformal membantu siswa belajar untuk mendukung nilai akademik sekolah. Dimana pengajar di lembaga pendidikan nonformal juga dituntut untuk meningkatkan kompetensi mengajarnya. Namun tidak semua siswa dapat menikmati pendidikan nonformal karena terbatas masalah keuangan.Dengan membuka lembaga pendidikan nonformal bersifat non profit merupakan langkah nyata dalam mengatasi masalah pendidikan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pengalaman lama mengajar terhadap kompetensi pendagogik guru (2) mengetahui pengaruh tingkat pendidikan terhadap kompetensi guru.Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket atau quisioner. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda. Dengan populasi dalam penelitian ini berasal dari 4 lembaga pendidikan non profit di kota Solo – Jawa Tengah, dengan jumlah sample 40 guru. Penelitian kuantitatif ini menggunakan model regresi linear berganda yang diolah dengan program SPSS. Sebanyak 55% atau 22 pengajar memiliki kompetensi sangat tinggi dan sebanyak 45% atau 18 pengajar memiliki kompetensi tinggi. Dari penelitian ini ditemukan bahwa jenjang pendidikan guru berpengaruh terhadap kompetensi pendagogik guru. Sedangkan lamanya mengajar tidak mempengaruhi kompetensi pendagogik guru.Sehingga pengajar yang baru satu tahun mengajar dan yang sudah 8 tahun mengajar tidak memberi pengaruh kepada kompetensi guru.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7572
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV