Pengaruh Strategi Numbered Heads Together Dan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Materi Garis Dan Sudut
Abstract
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) pengaruh pembelajaran matematika dengan strategiNumbered Heads Together (NHT) dan strategi Think Pair Share (TPS) berbasis hasil belajar matematika, (2) kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain eksperimen kuasi. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTs Negeri Surakarta II semester ganjil tahun akademik 2015/2016. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode uji penggunaan pengumpulan data dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis varians dengan dua baris sel yang berbeda. Hasil analisis data dengan tingkat signifikansi 5% diperoleh: (1) ada pengaruh strategi Numbered Heads Together (NHT) dan strategi Think Pair Share (TPS) berbasis hasil belajar matematika, dengan FA = 5,60 (2) ada adalah efek dari kemandirian belajar siswa untuk hasil belajar matematika, dengan FB= 17,96 (3) tidak ada interaksi antara strategi Numbered Heads Together (NHT) dan strategi Think Pair Share (TPS) berbasis dengan kemandirian belajar siswa dengan hasilbelajar matematika dengan FAB = 0,54.