dc.identifier.citation | Adegoke, benson adesina. 2013. “Modeling the Relationship between Mathematical Reasoning Ability and Mathematics Attainment”. Journal of education and Practice, 4(17): 2222-1735. Ahmadi, Iif Khoiru, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka. Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Bektiaksoro, Singgih. 2015. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo. Budiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press. Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani. Kusumaningtias, Anyta. Siti Zubaidah dan Sri Endah Indriwati. 2013. “ Pengaruh Problem Based Learning Dipadu Strategi Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Metakognitif, Berpikir Kritis, Dan Kognitif Biologi”.. Jurnal Penelitian Pendidikan, 23(1):33-47. Mullis, et al. 2008. TIMSS 2007: Internasional Mathematics Report. Boston: Boston College. Mullis, et al. 2012. TIMSS 2011 Internasional Mathematics Results in Mathematics. Boston: Boston College. Mulyani, Dessy. 2013. “Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar”. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1). Padmavathy. R. D. 2013. “Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics”. International Multidisciplinary e-Journal, 2(1): 2277-4262. Permana, Yanto. dan Sumarmo, Utari. 2007. “Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah”. Jurnal Educationist, 1(2): 1907-8838. Riyanto, Bambang. 2011. “ Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Prestasi Matematika dengan Pendekatan Kontruktivisme pada Siswa Sekolah Menengah Atas”. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). Sari, Fifi Fitriana. 2010. “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dalam Pemecahan Masalah Dimensi Tiga Peserta Didik SMK Muhammadiyah 2 Malang”. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2): 2303-3983. Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia. | in_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis: (1) Pengaruh pembelajaran matematika melalui model Problem Based Learning dan model Problem Based Learning Berbasis Numbered Heads Together terhadap hasil belajar matematika, (2) Pengaruh penalaran matematis siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) Interaksi antara model pembelajaran dan penalaran matematis siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi adalah semua siswa kelas VII semester Genap MTs Negeri Surakarta II tahun ajaran 2015/ 2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random samplling. Metode pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil analisis data menggunakan taraf signifikansi 5% diperoleh: (1) Terdapat pengaruh model Problem Based Learning dan model Problem Based Learning Berbasis Numbered Heads Together terhadap hasil belajar matematika, dengan = 4,2201 (2) Terdapat pengaruh penalaran matematis terhadap hasil belajar matematika, dengan = 18,5075 (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan penalaran matematis siswa terhadap hasil belajar matematika dengan = 0,5654. | in_ID |