• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 2 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 2 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Motivasi Dan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Tipe NHT (Numbered Heads Together) (PTK Pada Siswa Kelas VIII G MTsN Gondangrejo Semester Genap Tahun 2015/2016)

    Thumbnail
    View/Open
    15.Makalah_Arif.pdf (172.3Kb)
    Date
    2016-05-15
    Author
    Setiawan, Arif
    Sutarni, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar matematika kelas VIII G semester genap MTsN Gondangrejo Tahun 2015/2016), 2) untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar matematika melalui strategi pembelajaran tipe NHT pada siswa kelas VIII G MTsN Gondangrejo Semester Genap Tahun 2015/2016. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator: 1) siswa terdorong rasa ingin tahu terhadap lembar keja dari sebelum tindakan sebanyak 12 siswa (30%) menjadi sebanyak 30 siswa (75%), 2) siswa terdorong untuk menyelesaikan lembar kerja dari sebelum tindakan sebanyak 12 siswa (30%) menjadi sebanyak 32 siswa (80%), 3) siswa tertantang untuk mendapatkan skor maksimal dari seblum tindakan sebanyak 11 siswa (27,5%) menjadi sebanyak 26 siswa (65%), 4) siswa yang bertanya dari sebelum tindakan sebanyak 12 siswa (30%) menjadi sebanyak 26 siswa (65%), 5) siswa yang menjawab dari sebelum tindakan sebanyak 10 siswa (25%) menjadi sebanyak 28 siswa (70%), dan 6) siswa yang bekerasama dalam kelompok dari sebelum tindakan sebanyak 12 siswa (30%) menjadi sebanyak 32 siswa (80%). Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pembelajaran tipe NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar matematika siswa kelas VIII G semester genap MTsN Gondangrejo tahun 2015/2016.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7593
    Collections
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 2 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV