dc.contributor.author | Setiawan, Arif | |
dc.contributor.author | Sutarni, Sri | |
dc.date.accessioned | 2016-10-05T01:49:50Z | |
dc.date.available | 2016-10-05T01:49:50Z | |
dc.date.issued | 2016-05-15 | |
dc.identifier.citation | [1] Ahdika, Ardli, dkk. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together untuk Peningkatan Keaktifan dan Pemahaman Konsep pada Siswa.” Ekuivalen 11 (2). Diakses pada 27 September 2015 (http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1608/1526). [2] Djaelani, Aunu Rofiq. 2013. “Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif.” Majalah ilmiah Pawiyatan 20 (1). Diakses pada 11 Februari 2016 (https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjZxpn7wu7KAhWRCo4KHQkXAmsQFggbMAA&url=http%3A%2F%2Fwww.e-journal.ikip-veteran.ac.id%2Findex.php%2Fpawiyatan%2Farticle%2Fdownload%2F55%2F64&usg=AFQjCNFnwxNW4UohrA0QvUySELem6W38ow&bvm=bv.113943164,d.c2E). [3] Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia: Bandung. [4] Hartarto, Handoko Dwi, dkk. 2015. “Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Alat Peraga”. Ekuivalen 15 (1). Diakses pada 27 September 2015 (http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2145/2008). [5] Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung. [6] Prastomo, Nugraha. 2015. “Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Kepatihan Purworejo Dengan Metode Pembelajaran Cooperative Learning tipe NHT (Numbered Heads Together) Tahun Ajaran 2013/2014.” Ekuivalen 17 (1). Diakses pada 27 September 2015 (http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2392/2242). [7] Saebani, Beni Ahmad. 2008. Metode Penelitian. Pustaka Setia: Bandung. [8] Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung. [9] Sutama . 2015. “Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D”. Surakarta: Fairuz media. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2528-4630 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7593 | |
dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar matematika kelas VIII G semester genap MTsN Gondangrejo Tahun 2015/2016), 2) untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar matematika melalui strategi pembelajaran tipe NHT pada siswa kelas VIII G MTsN Gondangrejo Semester Genap Tahun 2015/2016. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator: 1) siswa terdorong rasa ingin tahu terhadap lembar keja dari sebelum tindakan sebanyak 12 siswa (30%) menjadi sebanyak 30 siswa (75%), 2) siswa terdorong untuk menyelesaikan lembar kerja dari sebelum tindakan sebanyak 12 siswa (30%) menjadi sebanyak 32 siswa (80%), 3) siswa tertantang untuk mendapatkan skor maksimal dari seblum tindakan sebanyak 11 siswa (27,5%) menjadi sebanyak 26 siswa (65%), 4) siswa yang bertanya dari sebelum tindakan sebanyak 12 siswa (30%) menjadi sebanyak 26 siswa (65%), 5) siswa yang menjawab dari sebelum tindakan sebanyak 10 siswa (25%) menjadi sebanyak 28 siswa (70%), dan 6) siswa yang bekerasama dalam kelompok dari sebelum tindakan sebanyak 12 siswa (30%) menjadi sebanyak 32 siswa (80%). Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pembelajaran tipe NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar matematika siswa kelas VIII G semester genap MTsN Gondangrejo tahun 2015/2016. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | motivasi belajar | in_ID |
dc.subject | keaktifan belajar | in_ID |
dc.subject | Numbered Heads Together | in_ID |
dc.title | Peningkatan Motivasi Dan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Tipe NHT (Numbered Heads Together) (PTK Pada Siswa Kelas VIII G MTsN Gondangrejo Semester Genap Tahun 2015/2016) | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |