Show simple item record

dc.contributor.authorSulistyono, Danang Aji
dc.contributor.authorSutarni, Sri
dc.date.accessioned2016-10-05T02:14:56Z
dc.date.available2016-10-05T02:14:56Z
dc.date.issued2016-05-15
dc.identifier.citation[1] Abdullah, Ade Gafar dan Ridwan, Taufik. 2008. “Implementasi Problem Based Learning PBL pada Proses Pembelajaran di BPTP Bandung”. Prosiding UPI, pp. 1-10. [2] Atsnan, M.F., dan Gazali, R.Y. 2014. “Peneraapan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan (Pecahan)”. Prosiding, ISBN: 978-979-16353-9-4. [3] Bakri, H. 2009. “Peningkatan Minat Belajar Praktek Menggulung Trafo Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Siswa SMK Negeri 3 Makassar”. Jurnal MEDTEK 1(1). [4] Brown, James R., dan Dant, Raven P. 2008. “Scientific Method and Retailing Research: A Retrospective”. Journal of Retailing, 84: 1-13. [5] Mulyono. 2012. Strategi Pembelajaran. Malang : UIN-Maliki Press [6] Leksono, Jati Widyo. 2014. “Pendekatan Saintifik pada kurikulum 2013 untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa”. Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. [7] Lexy, J. Moleong. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. [8] Muharom, Tria. 2014. “Pengaruh Pembelajaran Dengan Modl Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Peserta Didik”. Jurnal Pendidikan dan Keguruan 1(1). [9] Nurdalilah. 2012. “Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematika dan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Konvensional”. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA 2:100-109. [10] Nurul, H. 2013. Pengertian dan Langkah - Langkah Saintifik. Diakses pada tanggal 3 Oktober 2015 pkl 10.56 WIB, dari http://www.nurulhidayah.net/879-pengertian-dan-langkah-pembelajaran-saintifik.html. [11] Subadi, Tjipto. 2010. Lesson Studi Berbasis PTK Penelitian Tindakan Kelas): Suatu Metode Pembinaan menuju Guru Profesional. Surakarta: Badan Penerbit FKIP UMS [12] Sudjana, Nana. 2006. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. [13] Suherman dkk, E. 2003. Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung : UPI. [14] Sumarmo, Utari. 2003. Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika pada Siswa Sekolah Menengah. Makalah pada Seminar Nasional Nasional Pendidikan Sains dan Matematika pada 23 Agustus 2003 kerjasama JICA dan FPMIPA UPI, Bandung. [15] Sutama. 2010. Metode Penelitian Pendidikan PTK, PTS dan PTBK. Surakarta: Fairuz Media. [16] Yuniarti, T., dkk. 2014. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Ilmiah Pada Materi Segitiga Kelas VII SMP Se-Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Elektrnik Pembelajaran Matematika 2(9): 911-921. ISSN: 2339-1685.in_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7596
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa menggunakan pendekatan scientific terintegrasi pada model problem solving. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Wonosari yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa, dilihat dari indikator meliputi, 1) siswa dalam mengajukan dugaan awal sebelumnya sebesar (30,30%) dan di akhir tindakan sebesar (90,09%). 2) siswa dalam menemukan pola sebelumnya yaitu sebesar (21,20%) dan pada akhir tindakan sebesar (69,69%). 3) siswa dalam melakukan manipulasi matematika sebelumnya yaitu sebesar (27,20%) dan pada akhir tindakan sebesar (63,63%). 4) siswa dalam menarik kesimpulan, sebelumnya yaitu sebesar (18,20%) dan pada akhir tindakan yaitu sebesar (66,66%). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan pendekatan saintifik terintegrasi pada model problem solving dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika bagi siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Wonosari.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectpenalaranin_ID
dc.subjectscientificin_ID
dc.subjectproblem solvingin_ID
dc.titlePeningkatan Kemampuan Penalaran Matematika dengan Pendekatan Scientific Terintegrasi Pada Model Problem Solvingin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record