Show simple item record

dc.contributor.authorRosidi, Agung
dc.contributor.authorSutarni, Sri
dc.date.accessioned2016-10-05T02:27:43Z
dc.date.available2016-10-05T02:27:43Z
dc.date.issued2016-05-21
dc.identifier.citation[1] Amrozi, Soetarno, dan Suharno. 2014. Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI TSP SMK Negeri 1 Nganjuk. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran 2(3): 295-310. [2] B, Nurul Astuty Yensy. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Dengan Menggunakan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII SMP N 1 Argamakmur. Jurnal Exacta 10(1): 24-35. [3] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press. [4] Brouce, Pierre, etc. 2012. The Performance of Canada,s Youth in Mathematics, Reading, and Science. Canada: Council of Ministers of Education. [5] Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. [6] Khoirotunnisa,Anis Umi. 2015.Eksperimentasi Model Pembelajaran NHT dengan Gallery of Learning Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung ditinjau dari Adversity Quotient Siswa Kelas VIII SMP N Se-Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2013/2014. Magistra 91(27): 70-78. [7] Kusumaningtyas, Kusmayadi, dan Riyadi. 2014.Eksperimentasi Model Pembelajaran TTW dan NHT terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Konsep Diri Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri Se-Kabupaten Blora. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 2(2): 215-225. [8] Margono, Agus, Budiyono., dan Imam Sujadi. 2014. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments dan Numbered Heads Together Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa”. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2(2): 184-192 [9] Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. [10] Ramlah, Dani Firmansyah, dan Hamzah Zubair. 2014. Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Solusi 3(1): 68-76. [11] Ratnawulan, Elis & Rusniana. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia. [12] Salam, Abdus, Anwar Hossain, dan Shahidur Rahman. 2015. Effect of using Teams Games Tournaments (TGT) Cooperative Technique for Learning Mathematiccs in Secondary Schools of Bangladesh. Malaysian Online Journal of Educational Technology 3(3): 1-11. [13] Sani, Zulaikha Marta, Sudarmin., dan Sri Nurhayati. 2015. “Pembelajaran Team Game Tornament Berbantuan Media Number card untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa”. Jurnal Scientia Indonesia. 1(1): 1-10 [14] Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi.Jakarta: Rineka Cipta. [15] Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Kartasura: Fairuz Media. [16] Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. [17] Wilujeng, Sri. 2013. “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Teams Games Tournaments (TGT)”. Jurnal of Elementary Education. 2(1): 45-53in_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7597
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan penerapan strategi Teams Games Tournaments dan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar matematika, (2) perbedaan tingkat keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara penerapan strategi pembelajaran dengan keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berdesain kuasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA N 2 Sragen tahun ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol dengan 28 siswa untuk setiap kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan strategi Teams Games Tournaments dan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar matematika, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara penerapan strategi pembelajaran dengan keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectHasil Belajar Matematikain_ID
dc.subjectkeaktifan siswain_ID
dc.subjectNumbered Heads Togetherin_ID
dc.subjectTeams Games Tournamentsin_ID
dc.titlePerbedaan Penerapan Strategi Teams Games Tournaments dan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Keaktifan Siswain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record