• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 2 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 2 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Keaktifan Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    21.Makalah_Purjiyo.pdf (284.1Kb)
    Date
    2016-05-15
    Author
    Purjiyo
    Sutarni, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara model Problem Based Learning dan Discovery Learning ditinjau dari keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain eksperimental semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun 2015/2016. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII C sebagai kelas Problem Based Learning dan kelas VII D sebagai kelas Discovery Learning. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode tes, metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel yang tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis untuk uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf 5% diperoleh bahwa: (1) ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika dengan FA = 4.352 (2) ada pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika dengan FB = 311. 107 (3) tidak terdapat interaksi antara model Problem Based Learning dan Discovery Learning ditinjau dari keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika dengan FAB = 0.206
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7606
    Collections
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 2 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV