Implementasi Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Keaktifan Siswa
dc.contributor.author | Purjiyo | |
dc.contributor.author | Sutarni, Sri | |
dc.date.accessioned | 2016-10-05T06:51:06Z | |
dc.date.available | 2016-10-05T06:51:06Z | |
dc.date.issued | 2016-05-15 | |
dc.identifier.citation | [1] Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.(2011). Survei internasional TIMSS: TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study). http://litbang.kemendikbud.go.id/index.php/survei-internasional-timss [2] Kemendikbud. 2013b. Materi pelatihan Guru Implementasi Kurikulum (2013). Kemendikbud. Jakarta. 220 hlm. [3] Lestari , Shanti Indah, Budiyono, dan Isnandar Slamet.(2015). “Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl), Discovery Learning (Dl), Dan Problem Possing (Pp) Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Smp Negeri Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2014/2015”. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 3(8) : 811- 823. http://jurnal.fkip.uns.ac.id [4] Mullis, Ina, dkk. (2012). TIMSS 2011 International Result in Mathematics. USA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Lynch School of Education, Boston College. http: //timssandprils.bc.edu /timss2011/international-results-mathematics.html [5] Ramlan, Dani Firmansyah, dan Hamzah Zubair.(2014).”Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey Pada SMP Negeri Di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang)”. Jurnal Ilmiah Solusi 1(3):68-75 [6] Simsek, Bayram Yilar dan Birgul Kucuk.(2013). “The Effects Of Cooperative Learning Methods On Students’ Academic Achievements In Social Psychology Lessons”. International Journal on New Trends in Education and Their Implications 4 (3) : 1-9. http://www.ijonte.org/ [7] Suroto. 2012. “Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Prisma dan Limas Kelas VIII”. Journal of Primary Education 1 (1) : 52-56 [8] Vitasari, Rizka, Joharman, dan Kartika Chrysti Suryandari.(2013).” Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari”. Jurnal FKIP PGSD UNS 1(1) : 1-8.http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/viewFile/2226/1640 | in_ID |
dc.identifier.issn | 2528-4630 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7606 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara model Problem Based Learning dan Discovery Learning ditinjau dari keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain eksperimental semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun 2015/2016. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII C sebagai kelas Problem Based Learning dan kelas VII D sebagai kelas Discovery Learning. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode tes, metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel yang tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis untuk uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf 5% diperoleh bahwa: (1) ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika dengan FA = 4.352 (2) ada pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika dengan FB = 311. 107 (3) tidak terdapat interaksi antara model Problem Based Learning dan Discovery Learning ditinjau dari keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika dengan FAB = 0.206 | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | discovery learning | in_ID |
dc.subject | hasil belajar | in_ID |
dc.subject | keaktifan belajar | in_ID |
dc.subject | Problem Based Learning | in_ID |
dc.title | Implementasi Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Keaktifan Siswa | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 2 2016
Transformasi Pola Pikir Pendidikan Matematika Menuju Generasi Emas Indonesia