Pengembangan Soal Serupa PISA pada Konten Space And Shape Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Siswa
View/ Open
Date
2016-05-15Author
Pangestika, Wahyu Widia
Murtiyasa, Budi
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal serupa PISA konten Space and Shape yang valid dan praktis serta melihat efek potensial soal terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan. Penelitian ini memerlukan dua tahap yaitu preliminary dan tahap formative evaluation yang meliputi self evaluation, expert reviews, one-to-one, small group, dan field test. Teknik pengumpulan data yang digunakan berdasarkan walktrough, dokumen, tes, dan wawancara. Setelah melalui tahap one-to-one, small group, dan validasi secara deskriptif, soal diujicobakan pada tahap field test di kelas IX SMP N 1 Jatiroto. Hasil tes secara keseluruhan dengan nilai rata-rata kemapuan penalaran matematis 63,11, termasuk pada kategori kemampuan penalaran matematis yang baik, walaupun masih ada siswa yang masuk pada kategori kemampuan penalaran cukup. Dari hasil ini juga dapat dikatakan bahwa soal serupa PISA yang dikembangkan dikategorikan dalam kriteria valid dan praktis serta memiliki efek potensial terhadap kemampuan penalaran matematis siswa