dc.contributor.author | Pangestika, Wahyu Widia | |
dc.contributor.author | Murtiyasa, Budi | |
dc.date.accessioned | 2016-10-05T07:03:06Z | |
dc.date.available | 2016-10-05T07:03:06Z | |
dc.date.issued | 2016-05-15 | |
dc.identifier.citation | [1] Aisyah. 2013. “Pengembangan Soal Tipe PISA di Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Edumatica, 3(1): 27-34. [2] Anisah, Zulkardi dan Darmawijoyo. 2011. “Pengembangan Soal Matematika Model PISA Pada Konten Quantity Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Pendidikan Matematika 5(1). Diakses pada 18 November 2015 (http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/333/99). [3] Bernard, Martin. 2014. “Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMA Melalui Game Adobe Flash CS 4.” InProsiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Vol 3: 205-213). [4] Jurnaidi dan Zulkardi. 2013. “Pengembangan soal Model PISA pada Konten Change and Relationship untuk Mengetahui Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Pendidikan Matematika 7(2): 37-54. [5] Riyanto, Bambang. 2011. “Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Prestasi Matematika dengan Pendekatan Konstruktivisme pada Siswa Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Pendidikan Matematika 5(2): 111-127. [6] Silva, Evy Yosita, Zulkardi dan Darmawijoyo. 2011. “Pengembangan Soal Matematika Model PISA pada konten Uncertainty untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Pendidikan Matematika 5(1). Diakses pada 04 November 2015 (http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/335/101). [7] Sutama. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Kartasura: Fairuz Media. [8] Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2528-4630 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7607 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal serupa PISA konten Space and Shape yang valid dan praktis serta melihat efek potensial soal terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan. Penelitian ini memerlukan dua tahap yaitu preliminary dan tahap formative evaluation yang meliputi self evaluation, expert reviews, one-to-one, small group, dan field test. Teknik pengumpulan data yang digunakan berdasarkan walktrough, dokumen, tes, dan wawancara. Setelah melalui tahap one-to-one, small group, dan validasi secara deskriptif, soal diujicobakan pada tahap field test di kelas IX SMP N 1 Jatiroto. Hasil tes secara keseluruhan dengan nilai rata-rata kemapuan penalaran matematis 63,11, termasuk pada kategori kemampuan penalaran matematis yang baik, walaupun masih ada siswa yang masuk pada kategori kemampuan penalaran cukup. Dari hasil ini juga dapat dikatakan bahwa soal serupa PISA yang dikembangkan dikategorikan dalam kriteria valid dan praktis serta memiliki efek potensial terhadap kemampuan penalaran matematis siswa | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | kemampuan penalaran | in_ID |
dc.subject | PISA | in_ID |
dc.subject | soal matematika | in_ID |
dc.subject | space and shape | in_ID |
dc.title | Pengembangan Soal Serupa PISA pada Konten Space And Shape Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Siswa | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |