Show simple item record

dc.contributor.authorMayasri, Atik
dc.contributor.authorSutama
dc.date.accessioned2016-10-05T07:06:55Z
dc.date.available2016-10-05T07:06:55Z
dc.date.issued2016-05-15
dc.identifier.citation[1] Arifin, Zainal. 2009. “Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya [2] Angel Gurria. 2014. PISA 2012 Result in Focus (online). (http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf, diakses tanggal 26 Februari 2016) [3] Balim, Ali Gunay. 2009. “The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills”. Eurasian Journal of Educational Research. 1-20. [4] Borneo, Dony dan Rabiman. 2015. “Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Mata Diklat Sistem Injeksi Bahan Bakar Bensin pada Siswa Kelas XII TKR SMK Muhammadiyah Cangkringan Sleman Yogyakarta. Jurnal Taman Vokasi. 3(1). [5] Doly, Marah. 2015. “Penerapan Strategi Instan Asessment untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa AMP Al Hidayah Medan T.P 2013/2014”. Jurnal EduTech. 1(1): 1 – 9. [6] Jongsermtrakoon, S dan J. Nasongkhla. 2015. “A Group Investigation Learning System for Open Educational Resources to Enhance Student Teachers’ Digital Literacy and Awareness in information Ethics”. International Journal of Information and Education Technology. 10(5): 783 – 788. [7] Mulyana, Aina. 2013. “Hubungan antara Persepsi, Minat, dan Sikap Siswa dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 3(19): 318. [8] Nawi, M. 2012. “Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas (SWASTA) Al Ulum Medan”. Jurnal Tabularasa PPS Unimed. 9(1): 81-96. [9] Prayekti dan Rasyimah. 2013. “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD vs Ekpositori terhadap Hasil Belajar Pemahaman dan Aplikasi Konsep IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 4(19): 458. [10] Ramlah, Dani Firmansyah, Hamzah Zubair. 2014. “Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang)”. Jurnal Ilmiah Solusi. 1(3): 68 – 75. [11] Sani, Zulaikha Martha, Sudarmin, Sri Nurhayati. 2015. “Pembelajaran Team Game Tournament Berbantuan Media Number Card untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa”. Jurnal Scientia Indonesia. 1(1): 1-10. [12] Simsek, Ufuk, Bayram Yilar, dan Birgul Kucuk. 2013. “The Effects of Cooperative Learning Methods on Students’ Academic Achievements in Social Psychology Lessons”. International Journal on New Trends in Education and Their Implications. 4(1): 1-9. [13] Sutama. 2015. Metode Penelitian dan Pendidikan. Surakarta: Fairuz Media [14] . 2007. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Pengembangan Kreativitas Mahasiswa”. Varidika. 19(1): 1-14. [15] Vahlia, Ira. 2014. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery dan Group Investigation Terhadap Prestasi Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Siswa”. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univesritas Muhammadiyah Metro. 3(2): 43-54.in_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7608
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk menguji perbedaan penggunaan strategi pembelajaran discovery learning dan group investigation terhadap hasil belajar matematika, untuk menguji perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari tingkat keaktifan siswa, untuk menguji interaksi antara strategi pembelajaran discovery learning dan group investigation dengan keaktifan terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian berdasarkan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian kuasi eksperimental. Teknik analisis data dengan analisis variansi dua jalur. Berdasarkan hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan (1) terdapat pengaruh strategi discovery learning dan grop investigation terhadap hasil belajar matematika (2) terdapat pengaruh keaktifan terhadap hasil belajar matematika (3) terdapat interaksi antara strategi discovery learning dan group investigation dengan keaktifan terhadap hasil belajar matematika.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectdiscovery learningin_ID
dc.subjectgroup investigationin_ID
dc.subjecthasil belajarin_ID
dc.subjectkeaktifanin_ID
dc.titleHasil Belajar Matematika Dengan Strategi Discovery Learning dan Group Investigation Ditinjau dari Keaktifan Siswa SMPin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record