Kontribusi Perhatian Orangtua dan Lingkungan Sosial Terhadap Aktivitas Belajar Siswa dan Dampaknya Pada Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 6 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menguji: (1) Kontribusi perhatian orangtua dan lingkungan sosial secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika melalui aktivitas belajar, (2) Kontribusi perhatian orangtua dan lingkungan sosial secara langsung terhadap aktivitas belajar, (3) Kontribusi aktivitas belajar secara nyata terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Surakarta sejumlah 79 siswa. Sampel penelitian ini sejumlah 79 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelelitian: (1) Terdapat kontribusi secara tidak langsung perhatian orangtua dan lingkungan sosial terhadap hasil belajar matematika melalui aktivitas belajar, (2) Terdapat kontribusi perhatian orangtua dan lingkungan sosial secara langsung terhadap aktivitas belajar siswa, (3) Terdapat kontribusi aktivitas belajar secara nyata terhadap hasil belajar matematika.