Show simple item record

dc.contributor.authorDita
dc.contributor.authorSumardi
dc.date.accessioned2016-10-06T01:15:40Z
dc.date.available2016-10-06T01:15:40Z
dc.date.issued2016-05-15
dc.identifier.citation[1] Al-Saai, Ahmad dkk. 2011. “Effect of a Blended e-Learning Environment on Students Achievement and Attitudes toward Using E-Learning in Teaching and Learning at the University Level.” International Journal For Research in Edukation (IJRE) 1(29): 34-55. [2]Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. [3]Azizah, Dewi. 2013. “Eksperimentasi Pembelajaran Realistik Ditinjau dari Aktivitas Belajar pada Materi Segiempat.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 1(1): 58-70. [4]Fitriana, Sitti, Hisyam Ihsan, dan Suwardi Annas. 2015. “Pengaruh Efikasi Diri, Aktivitas, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMP.” Journal of EST 1(2): 86-101. [5] Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara [6]Kurniawan, Didik dan Dhoriva U. Wustqa. 2014. “ Pengaruh Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1(2): 176-187. [7]Koskei, Benjamin Kipkoech. 2014. “Influence Of Parental Involvement On Students’ Academic Perfomence Of Public Mixed Day Secondary School In Kuresoi Sub-County, Nakuru County, Kenya.” International Journal of Education and Research 2(12): 505-516. [8]Mahmud. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia [9]Padmani, Kadek A, Lulup E. Tripalupi, Made Artana. 2014. “pengaruh pengelolaan Kelas dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IS 3 SMA Negeri 1 Sawan Tahun Pelajaran 2013/2014.” Jurnal Pendidikan Ekonomi 4(1): 1-10. [10]Rafiq, Hafiz M. Waqas dan Tehsin Fatima dkk. 2013. “Parental Involvement and Academic Achievement: A Study on Secondary School Students of Lahore Pakistan.” International Journal of Humanisties and Social Science 3(8): 209-223. [11]Sardiman. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. [12]Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. [13]Sumiati. 2012. “Pengaruh Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Motivasi Belajar dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Syariah di SMP Kota Tasikmalaya.” Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Koperasi 7(1): 264-284. [14]Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya [15]Yetti, Rivda. 2009. “Pengaruh Keterlibatan Orangtua terhadap Minat Membaca Anak Ditinjau dari Pendekatan Stress Lingkungan.” Pedagogi Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 9(1): 17-28. [16]Yusuf, Syamsu. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.in_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7613
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menguji: (1) Kontribusi perhatian orangtua dan lingkungan sosial secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika melalui aktivitas belajar, (2) Kontribusi perhatian orangtua dan lingkungan sosial secara langsung terhadap aktivitas belajar, (3) Kontribusi aktivitas belajar secara nyata terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Surakarta sejumlah 79 siswa. Sampel penelitian ini sejumlah 79 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelelitian: (1) Terdapat kontribusi secara tidak langsung perhatian orangtua dan lingkungan sosial terhadap hasil belajar matematika melalui aktivitas belajar, (2) Terdapat kontribusi perhatian orangtua dan lingkungan sosial secara langsung terhadap aktivitas belajar siswa, (3) Terdapat kontribusi aktivitas belajar secara nyata terhadap hasil belajar matematika.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectaktivitas belajarin_ID
dc.subjecthasil belajar matematikain_ID
dc.subjectlingkungan socialin_ID
dc.subjectperhatian orangtuain_ID
dc.titleKontribusi Perhatian Orangtua dan Lingkungan Sosial Terhadap Aktivitas Belajar Siswa dan Dampaknya Pada Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 6 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record