• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 2 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 2 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Dampak Strategi Pembelajaran Ditinjau Dari Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    32.Makalah_Galih.pdf (470.4Kb)
    Date
    2016-05-15
    Author
    Yanti, Galih Ida
    Setyaningsih, Nining
    Kholid, Muhammad Noor
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis: (1) perbedaan efek antara strategi pembelajaran Discovery Learning berbasis Numbered Heads Together (NHT) dan Group Investigation terhadap hasil belajar; (2) perbedaan efek kemampuan awal terhadap hasil belajar; (3) efek interaksi antara strategi pembelajaran Discovery Learning berbasis Numbered Heads Together (NHT) dan Group Investigation serta kemampuan awal terhadap hasil belajar. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VII Semester Genap Tahun ajaran 2015/2016 SMP Negeri 2 Banyudono. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimental semu. Sampel penelitian diambil dengan metode cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama. Hasil analisis data diperoleh: (1) Hasil belajar matematika siswa dilihat pada rerata marginal menunjukkan strategi Discovery Learning berbasis Numbered Heads Together (NHT)lebih baik dari Discovery Learning berbasis Group Investigation, (2) ada perbedaan efek pengaruh tingkat kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar. Siswa dengan tingkat kemampuan awal tinggi memiliki hasil belajar lebih baik dari siswa dengan kemampuan awal sedang dan rendah. Sedangkan siswa dengan kemampuan awal sedang mempunyai hasil belajar lebih baik dibanding siswa berkemampuan awal rendah, (3) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan tingkat kemampuan awal terhadap hasil belajar.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7620
    Collections
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 2 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV