• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Mata Kuliah Aljabar Matriks dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Think Talk Write

    Thumbnail
    View/Open
    23.pdf (668.4Kb)
    Date
    2016-08-03
    Author
    Widayati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika merupakan ilmu yang terstruktur, sistematis dan logis. Motivasi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi dalam belajar khususnya matematika. Belajar matematika membutuhkan kemampuan berpikir kritis matematis, karena dalam menyelesaikan masalah matematika dibutuhkan strategi, pendekatan, dan solusi yang tepat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis matematis pada mata kuliah Aljabar Matriks dengan menggunakan Model Pembelajaran Tipe Think Talk Write mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Tahun Ajaran 21015/2016. Adapun jenis penelitian merupakan penelitian PTK, subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, obyeknya adalah Model Pembelajaran Tipe Think Talk Write. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, tes. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi motivasi, kemampuan berpikir kritis, lembar wawancara, soal tes. Teknik analisis data menggunakan penyajian data, penarikan kesimpulan, analisis data observasi. Indikator Keberhasilannya adalah motivasi mahasiswa minimal mencapai kriteria baik ( 61%), untuk kemampuan berpikir kritis mahasiswa minimal tinggi ( > 78 %) Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi dan kemampuan berpikir kritis matematis pada mata kuliah Aljabar Matriks menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi motivasi pada mahasiswa pada siklus I sebesar 77,6 %, siklus II sebesar 89,5% pada kategori baik. Sedangkan hasil tes rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa pada siklus I sebesar 63.09% pada kategori baik, siklus II sebesar 91% dengan kategori sangat baik. Untuk hasil belajar pada mata kuliah Aljabar matriks nilai rata-rata pada siklus I sebesar 58,63, siklus II sebesar 83,63 dengan kategori tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis matematis pada mahasiswa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7647
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV