Show simple item record

dc.contributor.authorWidayati
dc.date.accessioned2016-10-19T04:35:06Z
dc.date.available2016-10-19T04:35:06Z
dc.date.issued2016-08-03
dc.identifier.citationAritonang, K. T. (2008). “Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Penabur. V.7: 11-21 Anderson. (2003). Critical Thinking Across the Disciplines. Makalah pada Faculty Development Seminar in New York City College of Technology, New York. Fisher, R. (1995). Thinking Children to Think. Cheltenham : United Kingdom : Stanley Thornes Ltd). Djamarah, S. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Hidayat, W. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Siswa Sma Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write (Ttw). Prosiding Seminar Nasional, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta McGregor, D. (2007). Developing Thinking Developing Learning. Poland: Open University Press. Mulyana, T. (2008). Pembelajaran Analitik Sintetik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi pada PPS UPI. Bandung : Tidak diterbitkan. Nanang, H. & Suhana,C. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama. Norris, S. and Ennis, R. (1989). Evaluating Cr itical Thinking. Pacific Grove, CA: Critical Thinking Press and Software. Purwanto, Ng.. (1990). Psikologi Pendidikan. Bandung : Rosda Karyain_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-045-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7647
dc.description.abstractMatematika merupakan ilmu yang terstruktur, sistematis dan logis. Motivasi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi dalam belajar khususnya matematika. Belajar matematika membutuhkan kemampuan berpikir kritis matematis, karena dalam menyelesaikan masalah matematika dibutuhkan strategi, pendekatan, dan solusi yang tepat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis matematis pada mata kuliah Aljabar Matriks dengan menggunakan Model Pembelajaran Tipe Think Talk Write mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Tahun Ajaran 21015/2016. Adapun jenis penelitian merupakan penelitian PTK, subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, obyeknya adalah Model Pembelajaran Tipe Think Talk Write. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, tes. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi motivasi, kemampuan berpikir kritis, lembar wawancara, soal tes. Teknik analisis data menggunakan penyajian data, penarikan kesimpulan, analisis data observasi. Indikator Keberhasilannya adalah motivasi mahasiswa minimal mencapai kriteria baik ( 61%), untuk kemampuan berpikir kritis mahasiswa minimal tinggi ( > 78 %) Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi dan kemampuan berpikir kritis matematis pada mata kuliah Aljabar Matriks menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi motivasi pada mahasiswa pada siklus I sebesar 77,6 %, siklus II sebesar 89,5% pada kategori baik. Sedangkan hasil tes rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa pada siklus I sebesar 63.09% pada kategori baik, siklus II sebesar 91% dengan kategori sangat baik. Untuk hasil belajar pada mata kuliah Aljabar matriks nilai rata-rata pada siklus I sebesar 58,63, siklus II sebesar 83,63 dengan kategori tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis matematis pada mahasiswa.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectMotivasiin_ID
dc.subjectBerpikir Kritis Matematisin_ID
dc.subjectThink Talk Writein_ID
dc.titlePeningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Mata Kuliah Aljabar Matriks dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Think Talk Writein_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record