• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kesulitan-Kesulitan Guru Dalam Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Pendidkan Kewarganegaraan (PKn) Kurikulum 2013 di SMP Se Kota Yogyakarta

    Thumbnail
    View/Open
    25.pdf (305.0Kb)
    Date
    2016-08-03
    Author
    Susena
    Triwahyuningsih
    Supriyadi
    Arief, Dikdik Baehaqi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dirancang sebagai mata pelajaran di sekolah, memuat dimensi-dimensi kognitif, afektif, dan psikhomotorik, bersifat konfluen atau saling penetrasi dan terintegrasi dalam konteks substansi ide, nilai, konsep dan moral. Dalam praksis/pelaksanaannya banyak mengalami kendala dan keterbatasan, diantaranya terdapat indikasi-indikasi: kompetensi guru PKn yang nampak kurang paham dan kadang mengalami kebingungan dalam mengembangkan pembelajarannya, kurang menariknya kegiatan pembelajaran sehingga membosankan siswa, dsb. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan diskripsi tentang peta permasalahan, khususnya mengenai kesulitan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran PKn di sekolah. Jenis nelitian ini termasuk penelitian survey (eksplorasi) yang mengambil subyek para Guru PKn di Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berlokasi di kota Yogyakarta. Data dihimpun dengan cara menyebarkan kuesioner untuk diisi oleh para guru pengasuh mata pelajaran PKn. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan dan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan caracara berfikir logis induktif, memaknai suatu gejala yang bersumber dari persepsi guru, dan menghubungkan satu dengan lainnya sehingga diperoleh suatu diskripsi yang sistamtis mengenai permasalahannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru PKn pada SMPSMP di kota Yogyakarta tidak terlepas dari berbagai kesulitan yang bervariasi dalam menyusun perencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP) mata pelajaran PKn berbasis Kurikulum 2013. Kesulitan-kesulitan menyusun RPP yang dimaksud meliputi: (1) Kesulitan administrasi pada proses dan lemahnya penguasaan prinsip-prinsip pengembangan; (2). Kesulitan guru dalam menentukan langkah-langkah mengkaji silabus, identifikasi materi pembelajaran, menentukan dan merumuskan tujuan pembelajaran, pengembangan kegiatan pembelajaran, penjabaran jenis penilaian, dan alokasi waktu, serta sumber belajarnya.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7649
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV