dc.contributor.author | Susena | |
dc.contributor.author | Triwahyuningsih | |
dc.contributor.author | Supriyadi | |
dc.contributor.author | Arief, Dikdik Baehaqi | |
dc.date.accessioned | 2016-10-19T05:57:19Z | |
dc.date.available | 2016-10-19T05:57:19Z | |
dc.date.issued | 2016-08-03 | |
dc.identifier.citation | Budimansyah, Dasim. 2010. Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press. Khoiru Ahmadi, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi KTSP. Penerbitt: Prestasi Pustaka Publisher Konsorsium Sertifikasi Guru UNY. 2013. Modul PLPG Kebijakan Pengembangan Profesi Guru. Yogyakarta: UNY Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mursalin, Zainal. 2010. “Realitas Pendidikan Nasional Indonesia Tanpa Pendidikan Pancasila”. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Pancasila di UAD. Yogyakarta: UAD Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013 tentang Perubahan PP No. 19 Tahun 205 tentang Standar Nasional Pendidikan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Somantri, M. Nu’man. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Kerjasama PT Remaja Rosdakarya dengan FPIPS dan PPs Universitas Pendidikan Indonesia. Winataputra, Udin S. 2001. Jatidiri Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi: Suatu Kajian Konseptual Dalam Konteks Pendidikan IPS. Disertasi PPS UPI: tidak diterbitkan. ........... 2010. Himpunan Peraturan Tentang Pendidikan Dasar dan Menengah. Majelis Dikdasmen PWM DIY ……… UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Kompas, 19 September 2014 Kompas, 9 September 2014 | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-045-7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7649 | |
dc.description.abstract | Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dirancang sebagai mata pelajaran di
sekolah, memuat dimensi-dimensi kognitif, afektif, dan psikhomotorik, bersifat konfluen atau
saling penetrasi dan terintegrasi dalam konteks substansi ide, nilai, konsep dan moral. Dalam
praksis/pelaksanaannya banyak mengalami kendala dan keterbatasan, diantaranya terdapat
indikasi-indikasi: kompetensi guru PKn yang nampak kurang paham dan kadang mengalami
kebingungan dalam mengembangkan pembelajarannya, kurang menariknya kegiatan
pembelajaran sehingga membosankan siswa, dsb. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan
diskripsi tentang peta permasalahan, khususnya mengenai kesulitan guru dalam
mengembangkan perangkat pembelajaran PKn di sekolah. Jenis nelitian ini termasuk
penelitian survey (eksplorasi) yang mengambil subyek para Guru PKn di Sekolah Menengah
Pertama (SMP) yang berlokasi di kota Yogyakarta. Data dihimpun dengan cara menyebarkan
kuesioner untuk diisi oleh para guru pengasuh mata pelajaran PKn. Analisis data dilakukan
melalui tahapan pengumpulan dan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan caracara
berfikir logis induktif, memaknai suatu gejala yang bersumber dari persepsi guru, dan
menghubungkan satu dengan lainnya sehingga diperoleh suatu diskripsi yang sistamtis
mengenai permasalahannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru PKn pada SMPSMP
di kota Yogyakarta tidak terlepas dari berbagai kesulitan yang bervariasi dalam
menyusun perencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP) mata pelajaran PKn berbasis
Kurikulum 2013. Kesulitan-kesulitan menyusun RPP yang dimaksud meliputi: (1) Kesulitan
administrasi pada proses dan lemahnya penguasaan prinsip-prinsip pengembangan; (2).
Kesulitan guru dalam menentukan langkah-langkah mengkaji silabus, identifikasi materi pembelajaran, menentukan dan merumuskan tujuan pembelajaran, pengembangan kegiatan
pembelajaran, penjabaran jenis penilaian, dan alokasi waktu, serta sumber belajarnya. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Muhammadiyah University Press | in_ID |
dc.subject | kesulitan guru | in_ID |
dc.subject | rencana pelaksanaan pembelajaran PKn | in_ID |
dc.title | Kesulitan-Kesulitan Guru Dalam Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Pendidkan Kewarganegaraan (PKn) Kurikulum 2013 di SMP Se Kota Yogyakarta | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |