• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Program Adiwiyata Pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Yogyakarta

    Thumbnail
    View/Open
    47.pdf (260.1Kb)
    Date
    2016-08-03
    Author
    Febrianti, Novi
    Aprilia, Nani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Negara Lingkungan Hidup yang bertujuan untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah agar di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program Sekolah Adiwiyata di SMP kota Yogyakarta serta mengetahui upaya dan kendala yang dihadapi sekolah dalam menerapkan program Adiwiyata. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Desember 2014 di tiga sekolah menengah Adiwiyata di kota Yogyakarta, yaitu SMP Muhammadiyah 1, SMP Muhammadiyah 2, dan SMP Muhammadiyah 3 . Indikator-indikator sekolah Adiwiyata yang diteliti adalah pengembangan kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengembangan/pengelolaan sarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua indikator pada komponen sekolah berwawasan lingkungan telah dilaksanakan di sekolah yang diteliti. Tingkat pemenuhan pesyaratan SBL oleh SMP Muhammadiyah 1, SMP Muhammadiyah 2, dan SMP Muhammadiyah 3 berturut turut adalah 97,7%, 98,26%, dan 98,26%.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7831
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV