dc.identifier.citation | Antin, Rika Yuni. 2008. Evaluasi Penerapan Model Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan Tingkat SD (Studi Kasus di SDN Tunjungsekar I Malang dan SDN Sumbersono Mojokerto, Skripsi Universitas Negeri Malang, Malang Ellen Landruany. 2014. Implementasi kebijakan adiwiyata dalam upaya mewujudkan pendidikan lingkungan hidup di kota Malang. Jurnal kebijakan dan pengembangan pendidikan. Vol 2, Nomor 1, Januari 2014. ISSN ISSN: 2337-7623; EISSN: 2337-7615. Hasyim, Chaeruddin. 2012. Program Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup. Jakarta Miles, M.B.& Huberman, A.M. (1994). Qualitative data analysis. Beverly Hills: Sage Publication. Muhjidin, dkk. 2009. Lembaga Lingkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Yogyakarta : HSN Publishing Pauw, J.B & P.V. Petegem. 2013. The Effect of Eco-School on Children.s Environmental Values and Behaviour, Journal of Biology Education, Pauw, J.B & P.V. Petegem. 2013. The Effect of Flemish Eco-School on Student Environmental Knowledge, Attitudes, and Affect Environmental Values and Behaviour, Journal of Biology Education, Vol 33, Issue 11 Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Rijalluzaman. 2013. Arah Pemanfaatan Dana Dekonsentrasi Adiwiyata, Kementerian Lingkungan Hidup, Jakarta Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup. | in_ID |
dc.description.abstract | Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Negara Lingkungan Hidup yang
bertujuan untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan
penyadaran warga sekolah agar di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung
jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui implementasi program Sekolah Adiwiyata di SMP kota Yogyakarta serta
mengetahui upaya dan kendala yang dihadapi sekolah dalam menerapkan program Adiwiyata.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Desember 2014 di tiga sekolah menengah
Adiwiyata di kota Yogyakarta, yaitu SMP Muhammadiyah 1, SMP Muhammadiyah 2, dan SMP
Muhammadiyah 3 . Indikator-indikator sekolah Adiwiyata yang diteliti adalah pengembangan
kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan,
pengembangan kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengembangan/pengelolaan sarana
pendukung sekolah yang ramah lingkungan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode observasi, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua indikator pada komponen sekolah berwawasan
lingkungan telah dilaksanakan di sekolah yang diteliti. Tingkat pemenuhan pesyaratan SBL oleh SMP
Muhammadiyah 1, SMP Muhammadiyah 2, dan SMP Muhammadiyah 3 berturut turut adalah 97,7%,
98,26%, dan 98,26%. | in_ID |