Show simple item record

dc.contributor.authorMarsudi, Saring
dc.contributor.authorHastuti, Winda
dc.date.accessioned2016-10-24T03:08:05Z
dc.date.available2016-10-24T03:08:05Z
dc.date.issued2016-08-03
dc.identifier.citationArikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Herdiansyah, Haris. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika. Kaelan. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Interdissipliner. Yogyakarta: Paragdima. Kutha,Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Mahmud. 2011. Metode Penelelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Miles, B. Mathew dan Michael Huberman.1992. Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru). Jakarta: UIP. Moleong, Lexy j. 2004. Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sring Marsudi, dkk. 2016. Bimbingn Konseling di Sekolah. Surakarta: FKIP UMS. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya. Sutopo, HB. 2006. Metodelogi Penelitian Kulitatif(Dasar Teori Dan Terapan Dalam Penelitian Edisi 2). Surakarta:Universitas Sebelas Maret. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-045-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7842
dc.description.abstractArtikel ini hasil penelitian yang bertujuan: 1) mendeskripsikan jenis-jenis peserta didik ABK di MIM PK Kartasura, 2). implementasi pembelajaran inklusi yang dilaksanakan di MIM PK (Program Khusus) Kartasura, 3). mengetahui kualifikasi guru dalam pembelajaran inklusi, 4). mendeskripsikan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran inklusi, 5). mendeskripsikan cara mengatasi hambatan yang ada. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Diskriptif Kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang yang diamati atau diwawancarai.Teknik analisis data dengan model interaktif. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru yang melaksanakan pembelajaran inklusi, dan peserta didik kelas inklusi. Teknik pengumpulan data, yang digunakan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian: 1. Jenis peserta didik ABK di MIM PK Kartasura terdiri dari jumlah peserta didik ABK sebanyak 7 anak yaitu: 3 anak slow learner, 3 anak down syndrom autism, dan 1 anak cerebal palcy atau tuna daksa. 2. Pelaksanaan pembelajaran menyatu dengan kelas reguler dan pull out yaitu kegiatan belajar mengajar secara mandiri. 3. Kualifikasi guru ABK adalah sarjana S-1 dari program studi Pendidikan Luar Biasa, Bimbingan Konseling atau Psikologi. 3. Hambatan yang dihadapi adalah pada saat penempatan siswa dalam kelas dan saat proses pembelajaran. 4. hambatan yang dialami terutama kurangnya guru pendamping dan media pembelajaran 5. Cara mengatasi hal kekurangan guru yang dibutuhkan mendatangkan atau kerjasama dengan SLB. Terkait dengan media, maka digunakan media pembelajaran yang disukai anak.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectpembelajaran inklusiin_ID
dc.subjectanak berkebutuhan khususin_ID
dc.titleImplementasi Pembelajaran Inklusi Bagi Peserta Didik ABK di MI Muhammadiyah PK Kartasurain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record