• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peran Pendidik Sebagai Role Model Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik

    Thumbnail
    View/Open
    65.pdf (204.6Kb)
    Date
    2016-08-03
    Author
    Ginting, Firman
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan secara ringkas peran pendidik sebagai role model dalam pembangunan dan pengembangan karakter positif peserta didik pada kegiatan pembelajaran baik yang dilakasanakan secara formal di dalam kelas maupun dalam interaksi nonformal dilingkungan sekolah atau kampus. Pendidikan sebagai salah aspek penting dalam membangun dan mengembangkan karakter peserta didik harus mampu diberdayakan untuk menghasilkan generasi muda yang berpendidikan dan berkepribadian mulia. Dengan kata lain, pendidikan tidak hanya sekedar untuk menyampaikan materi pembelajaran dimana tujuannya difokuskan hanya kepada keterampilan (skill) peserta didik. Lebih jauh, pendidikan harus mampu membangun aspek kehidupan peserta didik yang lebih mendasar, yakni berupa pembangunan karakter seperti; kejujuran, disiplin, harga diri, tanggung jawab, menghormati diri sendiri dan orang lain, dan dapat dipercaya, yang sangat berpengaruh terhadap sikap peserta didik dalam membangun hubungan yang baik dengan teman sekelas, guru atau dosen, keluarga dan lingkungan. Dalam hal ini, pendidik memiliki tanggung jawab yang mulia untuk memelihara pendidikan, dan membangun sikap siswa. Peran pendidik sebagai role model bagi peserta didik harus tercermin melalui proses belajar mengajar. Hasilnya, kegiatan pembelajaran akan berdampak pada peningkatan prestasi belajar dan pengembangan sosial, emosional, dan etika peserta didik.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7859
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV