Show simple item record

dc.contributor.authorGinting, Firman
dc.date.accessioned2016-10-25T01:14:40Z
dc.date.available2016-10-25T01:14:40Z
dc.date.issued2016-08-03
dc.identifier.citationBashir, S. 2014. Teacher as A Role Model and Its Impact on the Life of Female Students. International Journal of Research – Granthaalayah. [Shakila et al.*, Vol.1(Iss.1):August,2014] ISSN- 23500530. Barahate, Y.S. 2014. Role of a Teacher in Imparting Value-Education. IOSR Journal of Humanities and Social Science (IOSRJHSS) e-ISSN: 2279-0837, p-ISSN: 22790845 PP 13-15. Dharmawan, N.S. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa Pada Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Makalah disampaikan pada Pembinaan Pendidikan Karakter bagi Mahasiswa PTS di Lingkungan Kopertis Wilayah VIII Tahun 2014. Denpasar: Universitas Udayana. Depdiknas. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka. Harmer, J. 1998. How to Teach English. An Introduction to the Practice of English Language Teaching. Longman. Koesoema, D.A. 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo. Marzuki. 2013. Revitalisasi Pendidikan Agama di Sekolah dalam Pembangunan Karakter Bangsa di Masa Depan. Jurnal Pendidikan Karakter. 3(1):64-76. Budiningsih, C. A. 2008. Pembelajaran Moral. Jakarta: Rineka. Sigit, D.K. 2007. Pentingnya Pendidikan Moral bagi Anak Sekolah Dasar. Dinamika Pendidikan. Syahrul. 2014. Language Politeness and Character Education in Indonesian Language Learning Based on Curriculum 2013. ISBN: 978-602-17017-4-4. State University of Padang. Retrieved on April 30, 2016. Thoifuri. 2008. Menjadi Guru Inisiatu. Rasail Media Group. Vasdhev, G. 2012. Happiness Inside. Noura Books. Jakarta: Mizan Publika. Wibowo, A. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-045-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7859
dc.description.abstractTulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan secara ringkas peran pendidik sebagai role model dalam pembangunan dan pengembangan karakter positif peserta didik pada kegiatan pembelajaran baik yang dilakasanakan secara formal di dalam kelas maupun dalam interaksi nonformal dilingkungan sekolah atau kampus. Pendidikan sebagai salah aspek penting dalam membangun dan mengembangkan karakter peserta didik harus mampu diberdayakan untuk menghasilkan generasi muda yang berpendidikan dan berkepribadian mulia. Dengan kata lain, pendidikan tidak hanya sekedar untuk menyampaikan materi pembelajaran dimana tujuannya difokuskan hanya kepada keterampilan (skill) peserta didik. Lebih jauh, pendidikan harus mampu membangun aspek kehidupan peserta didik yang lebih mendasar, yakni berupa pembangunan karakter seperti; kejujuran, disiplin, harga diri, tanggung jawab, menghormati diri sendiri dan orang lain, dan dapat dipercaya, yang sangat berpengaruh terhadap sikap peserta didik dalam membangun hubungan yang baik dengan teman sekelas, guru atau dosen, keluarga dan lingkungan. Dalam hal ini, pendidik memiliki tanggung jawab yang mulia untuk memelihara pendidikan, dan membangun sikap siswa. Peran pendidik sebagai role model bagi peserta didik harus tercermin melalui proses belajar mengajar. Hasilnya, kegiatan pembelajaran akan berdampak pada peningkatan prestasi belajar dan pengembangan sosial, emosional, dan etika peserta didik.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectPendidikin_ID
dc.subjectRole Modelin_ID
dc.subjectKarakterin_ID
dc.subjectPeseta Didikin_ID
dc.titlePeran Pendidik Sebagai Role Model Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didikin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record