Pemahaman Guru IPA SMP terhadap Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri
Abstract
Tujuan studi ini untuk mengetahui pemahaman guru dan pemetaan pemahaman pembelajaran berbasis inkuiri
guru IPA SMP. Metode penelitian dalam studi ini menggunakan metode quantitatif research. Data pemahaman
guru IPA SMP tentang pembelajaran berbasis inkuiri terdiri atas pemahaman istilah inkuiri, manfaatnya,
perencanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran berbasis inkuiri. Responden dalam studi ini adalah guruguru
IPA SMP, peserta pelatihan peningkatan kompetensi di PPPPTK IPA, perwakilan dari provinsi seluruh
Indonesia. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 35 orang. Instrumen yang digunakan dalam studi ini
adalah kuesioner persepsi (self evaluation) terhadap pembelajaran IPA berbasis inkuiri. Adapun data yang
diperoleh dianalisis secara kuantitatif deskriptif. Hasilnya, 58,10% guru memahami dan sangat memahami istilah
penggunaan inkuiri dalam pembelajaran, 60% guru kurang memahami manfaat pembelajaran berbasis inkuiri,
55,10% guru kurang dan tidak memahami perencanaan pembelajaran berbasisi inkuiri, dan 71,43% guru kurang
dan tidak mengetahui evaluasi pembelajaran berbasis inkuiri.