Penguasaan Konsep Biologi Berbasis Konsep Fisika Menggunakan Pembelajaran Tematik dengan Model Problem Based Learning
View/ Open
Date
2016-05-21Author
Wiwid Damayanti
Kurnia Fani Perdana
Sukarmin
Metadata
Show full item recordAbstract
Penguasaan konsep Biologi masih banyak bergantung pada materi Biologi saja, padahal banyak disiplin
ilmu lain yang dapat mendukung penguasaan konsep Biologi. Fisika merupakan salah satu ilmu yang dapat
menjelaskan mekanisme dari banyak proses Biologis. Pembelajaran tematik adalah suatu konsep pendekatan
belajar-mengajar yang melibatkan beberapa bidang studi untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada
siswa. Pelaksanaan pendekatan ini bertolak dari satu topik atau tema yang dipilih untuk dikembangkan guru.
Tema tersebut ditujukan untuk menjadikan konsep-konsep dari bidang studi terkait sebagai alat untuk
mempelajari dan menjelajahi tema. Model Problem Base Learning mendorong guru untuk melibatkan siswa di
berbagai proyek berorientasi masalah dan membantu mereka menyelidiki suatu permasalahan. Model
pembelajaran ini berfokus pada interdisipliner atau keterkaitan antardisiplin ilmu, meskipun berbasis pada suatu
masalah tetapi dapat dipusatkan pada subyek tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan
penguasaan konsep Biologi berbasis konsep Fisika menggunakan pembelajaran tematik dengan model Problem
Base Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Adapun langkahlangkah
penelitian
kepustakaan
yang
dilakukan
dalam
penelitian
ini
meliputi,
(1)
memiliki
ide
umum
mengenai
topik
penelitian; (2) mencari informasi yang mendukung topik; (3) mempertegas fokus penelitian; (4) mencari
dan menemukan bahan bacaan yang diperlukan dan mengklasifikasi bahan bacaan; (5) membaca dan membuat
catatan penelitian; (6) mereview dan memperkaya lagi bahan bacaan; dan (7) mengklasifikasi lagi bahan
bacaan dan mulai menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep Biologi sangat tepat jika dikaitkan
dengan konsep Fisika yang disampaikan menggunakan pembelajaran tematik dengan model Problem Base
Learning. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa penguasaan konsep Biologi berbasis konsep
Fisika yang disampaikan menggunakan pembelajaran tematik dengan model Problem Base Learning adalah
suatu metode pembelajaran yang tepat.