Penguasaan Konsep Biologi Berbasis Konsep Fisika Menggunakan Pembelajaran Tematik dengan Model Problem Based Learning
dc.contributor.author | Wiwid Damayanti | |
dc.contributor.author | Kurnia Fani Perdana | |
dc.contributor.author | Sukarmin | |
dc.date.accessioned | 2016-11-08T01:09:28Z | |
dc.date.available | 2016-11-08T01:09:28Z | |
dc.date.issued | 2016-05-21 | |
dc.identifier.citation | Kusnadi. 2009. Buku Saku Biologi SMA. Diakses dari http://www.file.upi. edu.com pada 30 April 2016 pukul 15:55 WIB Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press Pratomo, Suko. 2009. Model Pembelajaran Tematik dalam Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 11. Diakses dari http://www.file.upi.edu.com pada 30 April 2016 pukul 15:50 WIB Priyadi, Arif. 2010. Biologi SMA Kelas XII. Jakarta: Yudhistira. Puspita. (2015, April). Hubungan Fisika dengan Biologi. Diakses dari http://puspitanero.blogspot.com/2015 /04/hubungan-Fisika-dengan-Biologi.html?m=1 pada 30 April 2016 pukul 15:43 WIB Sari, Nur Fatimah, Nasikh. 2009. Efektivitas Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Teknik Peta Konsep dalam Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X6 SMAN 2 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2006-2007 Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JPE), Volume 2, Nomor 1. Diakses dari www.fe.um.ac.id pada 30 April 2016 pukul 16:50 WIB Sasrawan, Hedi. (2015, April). 14 Pengertian Biologi Menurut Para Ahli. Diakses dari http://www.hedisasrawan .blogspot.com/2015/04/14-pengertian-biologi-menurut-para-ahli.html?m=1 pada 2 Mei 2016 pukul 8:35 WIB Soemarwoto, Otto. 1990. Ekologi dalam Pembangunan Berwawasan Lingkungan. Unpad: Bandung. Umaedi. 2002. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah : Buku 5 Pembelajaran dan Pengajaran Kontekstual. Jakarta : Depdiknas. Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2557-533X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7949 | |
dc.description.abstract | Penguasaan konsep Biologi masih banyak bergantung pada materi Biologi saja, padahal banyak disiplin ilmu lain yang dapat mendukung penguasaan konsep Biologi. Fisika merupakan salah satu ilmu yang dapat menjelaskan mekanisme dari banyak proses Biologis. Pembelajaran tematik adalah suatu konsep pendekatan belajar-mengajar yang melibatkan beberapa bidang studi untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Pelaksanaan pendekatan ini bertolak dari satu topik atau tema yang dipilih untuk dikembangkan guru. Tema tersebut ditujukan untuk menjadikan konsep-konsep dari bidang studi terkait sebagai alat untuk mempelajari dan menjelajahi tema. Model Problem Base Learning mendorong guru untuk melibatkan siswa di berbagai proyek berorientasi masalah dan membantu mereka menyelidiki suatu permasalahan. Model pembelajaran ini berfokus pada interdisipliner atau keterkaitan antardisiplin ilmu, meskipun berbasis pada suatu masalah tetapi dapat dipusatkan pada subyek tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan penguasaan konsep Biologi berbasis konsep Fisika menggunakan pembelajaran tematik dengan model Problem Base Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Adapun langkahlangkah penelitian kepustakaan yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi, (1) memiliki ide umum mengenai topik penelitian; (2) mencari informasi yang mendukung topik; (3) mempertegas fokus penelitian; (4) mencari dan menemukan bahan bacaan yang diperlukan dan mengklasifikasi bahan bacaan; (5) membaca dan membuat catatan penelitian; (6) mereview dan memperkaya lagi bahan bacaan; dan (7) mengklasifikasi lagi bahan bacaan dan mulai menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep Biologi sangat tepat jika dikaitkan dengan konsep Fisika yang disampaikan menggunakan pembelajaran tematik dengan model Problem Base Learning. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa penguasaan konsep Biologi berbasis konsep Fisika yang disampaikan menggunakan pembelajaran tematik dengan model Problem Base Learning adalah suatu metode pembelajaran yang tepat. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Biologi | in_ID |
dc.subject | Fisika | in_ID |
dc.subject | Pembelajaran tematik | in_ID |
dc.subject | Problem Based Learning | in_ID |
dc.title | Penguasaan Konsep Biologi Berbasis Konsep Fisika Menggunakan Pembelajaran Tematik dengan Model Problem Based Learning | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
Isu-isu Kontemporer Sains, Lingkungan, dan Inovasi Pembelajarannya