• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Quantum Berbasis Media Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Menengah Pertama

    Thumbnail
    View/Open
    77.pdf (620.8Kb)
    Date
    2016-05-21
    Author
    Zahrotunnisa
    Pranata, Johan
    Aprianto, Fathoni Reza
    Ruswandi, Ahmad
    Pangestu, Langgeng
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemendikbud menyatakan bahwa pada tahun 2012, nilai rata-rata siswa di Indonesia dalam menguasai materi IPA adalah 67,00. Hal tersebut menunjukan bahwa mata pelajaran IPA masih dianggap sukar oleh sebagian besar siswa Sekolah Menengah Pertama. Berbagai model pembelajaran mulai diterapkan untuk meningkatkan pencapaian indikator pembelajaran, salah satunya adalah model pembelajaran quantum. Namun model tersebut memiliki beberapa kekurangan, diantaranya: membuat ketidakteraturan di dalam kelas, membutuhkan waktu yang lama dalam pelaksaannnya, dan membutuhkan alat dan bahan yang banyak. Maka dari itu, penulis berusaha mengurangi kelemahan model pembelajaran quantum dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Power Point. Tujuan dari penelitian ini adalah memaksimalkan model pembelajaran quantum, mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan Microsoft Power Point, dan meningkatkan minat siswa terhadap materi pembelajaran IPA Sekolah Menengah Pertama. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi pustaka dan penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur pembuatan media pembelajaran interaktif terdiri dari beberapa tahap, yaitu: (1) persiapan materi, (2) pembuatan peta konsep, (3) pembuatan kata kunci (4) pembuatan desain pada Microsoft Power Point. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Power Point pada mata pelajaran IPA Sekolah Menengah Pertama. Media interaktif ini dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran, meningkatkan pencapaian indikator, menambah nilai kesan pembelajaran, dan memaksimalkan model pembelajaran quantum.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7950
    Collections
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV