Show simple item record

dc.contributor.authorZahrotunnisa
dc.contributor.authorPranata, Johan
dc.contributor.authorAprianto, Fathoni Reza
dc.contributor.authorRuswandi, Ahmad
dc.contributor.authorPangestu, Langgeng
dc.date.accessioned2016-11-08T01:28:22Z
dc.date.available2016-11-08T01:28:22Z
dc.date.issued2016-05-21
dc.identifier.citationBuku: DePorter, Bobbi dan Mike Hernacki. (2011). Quntum Learning. Bandung : Kaifa. Carin, A.A & Sund, R.B. (1989). Teaching Science Through Discovery (6th edition). Merril Publishing Company: Colombus, Ohio. Poedjiadi, Anna. (1987). Sejarah dan filsafat sains. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Sadiman, Arief S., dkk. (2009). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press. Winaputra, Udin S., dkk. (1992). Strategi Mengajar IPA. Jakarta: Dekdibud. Jurnal: Murni, Indah S., Ngatman, Chamdani. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika di Kelas IV SD Negeri Madurejo Tahun Ajaran 2012/2013. Volume (3), 1-8. Simak, Eka Yayuk F. (2012). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Ketrampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Volume 2, 1-11. Diakses dari: pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_ipa/article/view/401. Tanjung, Ratna., Lia Afriyani N. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Cahaya di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan Deli Serdang. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika. Volume 4, 55-60. Skripsi/Tesis: Arrosyida, Annafi dan Suprapto. (2012). Metode Pembelajarn Interaktif Jaringan Komputer Menggunakan Macromedia Flash 8 di SMK Negeri I Saptosari. Jogjakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Asrini, Wahyu Widi. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning pada Pokok Bahasan Virus untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X Semester I MAN 2 Kebumen. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. Website: Sunandar, Shodik. (2012). Kelebihan dan Kekurangan Model Quantum Teaching. Doakses dari: http://m4y- a5a.blogspot.com/2012/05/hakikat-quantum-teaching.html. Kamis, 14 April 2016.in_ID
dc.identifier.issn2557-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7950
dc.description.abstractKemendikbud menyatakan bahwa pada tahun 2012, nilai rata-rata siswa di Indonesia dalam menguasai materi IPA adalah 67,00. Hal tersebut menunjukan bahwa mata pelajaran IPA masih dianggap sukar oleh sebagian besar siswa Sekolah Menengah Pertama. Berbagai model pembelajaran mulai diterapkan untuk meningkatkan pencapaian indikator pembelajaran, salah satunya adalah model pembelajaran quantum. Namun model tersebut memiliki beberapa kekurangan, diantaranya: membuat ketidakteraturan di dalam kelas, membutuhkan waktu yang lama dalam pelaksaannnya, dan membutuhkan alat dan bahan yang banyak. Maka dari itu, penulis berusaha mengurangi kelemahan model pembelajaran quantum dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Power Point. Tujuan dari penelitian ini adalah memaksimalkan model pembelajaran quantum, mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan Microsoft Power Point, dan meningkatkan minat siswa terhadap materi pembelajaran IPA Sekolah Menengah Pertama. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi pustaka dan penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur pembuatan media pembelajaran interaktif terdiri dari beberapa tahap, yaitu: (1) persiapan materi, (2) pembuatan peta konsep, (3) pembuatan kata kunci (4) pembuatan desain pada Microsoft Power Point. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Power Point pada mata pelajaran IPA Sekolah Menengah Pertama. Media interaktif ini dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran, meningkatkan pencapaian indikator, menambah nilai kesan pembelajaran, dan memaksimalkan model pembelajaran quantum.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectIPAin_ID
dc.subjectPembelajaran Quantumin_ID
dc.subjectMedia Interaktifin_ID
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Quantum Berbasis Media Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Menengah Pertamain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record