Peningkatan Motivasi Belajar Fisika dengan Metode Hypnoteaching pada Siswa SMA
View/ Open
Date
2016-05-21Author
Pangesti, Janantika Pramuditya
Dewi, Dwi Anggara Kusuma
Wibowo, Fajar
Metadata
Show full item recordAbstract
Kurikulum 2013 menuntut proses pembelajaran Student Center Learning (SCL) termasuk pada
pembelajaran fisika. Pembelajaran berbasis SCL menuntut partisipasi aktif dari siswa yang
dipengaruhi oleh tinggi rendahnya motivasi belajar. Penulisan makalah ini dilatarbelakangi oleh
kurangnya motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) pada mata pelajaran fisika. Cara
belajar siswa yang hanya didorong oleh tuntutan menunjukkan kurangnya motivasi belajar siswa.
Dalam mengerjakan tugasnya siswa cenderung mengandalkan atau meminta bantuan kepada pihak
luar. Penulisan makalah ini berdasarkan pada pengkajian berbagai sumber yang sudah valid. Makalah ini membahas peranan metode hypnoteaching dalam meningkatkan motivasi belajar siswa
SMA terhadap mata pelajaran Fisika. Hypnoteaching merupakan cara mengajar yang unik, kreatif
dan imajinatif. Sebelum proses belajar mengajar berlangsung siswa dikondisikan untuk siap belajar.
Metode Hypnoteaching mengutamakan kondisi psikologis siswa serta suasana belajar yang
menyenangkan sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran fisika.
Kata Kunci : Hypnoteaching, Metode Pembelajaran, Motivasi Belajar, Kondisi Psikologis, Student
Center Learning (SCL).