Show simple item record

dc.contributor.authorHerti
dc.contributor.authorAnisa
dc.contributor.authorLathifah
dc.contributor.authorMeyke
dc.contributor.authorFardani
dc.date.accessioned2016-11-11T01:08:36Z
dc.date.available2016-11-11T01:08:36Z
dc.date.issued2016-05-21
dc.identifier.citationFatimah, Nurrany. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Strategi Motivasi Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis di Kelas X SMA Negeri 18 Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Volume 02, No. 2 Tahun 2013, 75-77. Hudhori, Mahmud Al. 2013. Pengaruh Penggunaaan Model ARCS terhadap Hasil Belajar Fisika pada Konsep Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar. Jurnal Pendidikan Fisika, FKIP Universita Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Nor, M. dkk. 2013. Motivasi Belajar Fisika Siswa melalui Penerapan Pendekatan ARIAS pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tambang. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV. Alfabeta.in_ID
dc.identifier.issn2557-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7952
dc.description.abstractIndonesia telah mengalami banyak perubahan kurikulum sebanyak sebelas kali terhitung dari kurikulum 1947 sampai dengan sekarang kurikulum 2013. Namun pada kenyataannya kurikulum 2013 juga banyak mengalami permasalahan sehingga ada sekolah yang kembali pada kurikulum sebelumnya, yaitu KTSP. Akan tetapi permasalah lain juga terdapat pada cara guru dalam menggunakan model pembelajaran. Model pembelajaran yang konvensional menyebabkan siswa tidak termotivasi dan malas belajar. Untuk itu diperlukan model pembelajaran baru yaitu ARCS. Sintaks pada model ARCS memadukan antara keaktifan siswa dengan pendekatan ilmiah dan penyampaian materi yang menarik serta mudah dipahami. Alur pembelajaran memerlukan pengeplotan waktu dengan kegiatan yang tepat agar kekurangan model ARCS dapat tertutupi oleh kelebihan ARCS. Alur pembelajaran ARCS akan membuat kegiatan pembelajaran terarah dan tersusun dengan teratur serta menarik untuk siswa. Dari penelitian yang telah dilakukan hasil perhitungan uji-t diperoleh t hitung adalah 1,87 dan t tabel yang diperoleh adalah 1,66 sehingga H 0 ditolak dan hal ini membuktikan adanya pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran ARCS. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model ARCS dapat meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan. Dalam konteks pembelajaran dibutuhkan dukungan motivasi dalam setiap waktu untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dukungan ini dapat diwujudkan dengan desain instruksional. Melalui penggunakan model ARCS dalam pembelajaran Fisika menjadikan siswa mampu memahami keterkaitan konsep satu dengan yang lain sehingga hasil belajar siswa memiliki perubahan yang positif. Selain itu dapat juga menumbuhkan rasa percaya diri siswa dan siswa menjadi tahu kemampuan mereka.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectmodel ARCSin_ID
dc.subjectpembelajaran fisikain_ID
dc.titleModel ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dalam Pembelajaran Fisikain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record