Penerapan Model Pembelajaran Prima untuk Mengoptimalkan Penguasaan Konsep Siswa SMA Negeri 2 Gorontalo pada Matapelajaran Biologi
Abstract
Hasil observasi awal menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran biologi di SMA Negeri 2 Gorontalo, lebih
berfokus kepada mengajar daripada membelajarkan, artinya guru mentransfer pengetahuan yang dimilikinya
dengan cara menjelaskan, memberi contoh soal, bertanya, mengerjakan latihan, memberikan tugas, dan pada
akhir pembelajaran memberi tes yang alternatif jawabannya sesuai dengan apa yang diajarkan. Model
pembelajaran PRIMA merupakan model pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran berbasis proyek,
yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengintegrasikan pengetahuan baru, dan melakukan
kinerja ilmiah dalam bentuk riset secara kolaboratif, sehingga menjadikan siswa mampu menghadapi tuntutan
kehidupan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran PRIMA untuk
mengoptimalkan penguasaan konsep siswa SMA Negeri 2 Gorontalo pada matapelajaran biologi, dilaksanakan
dalam kegiatan lesson study yang terdiri dari 3 tahapan yaitu plan, do, see. Data yang diperoleh berupa data
kualitatif dan data kuantitatif yang terdiri dari hasil belajar yang dapat dilakukan dengan memberikan tes
formatif, hasil observasi terhadap aktivitas belajar siswa, serta informasi balikan dari siswa, dianalisis setelah
pembelajaran dilaksanakan, dengan melihat hasil tes yang diberikan yaitu menunjukkan 70% siswa tuntas dalam
pembelajaran, dapat menguasai konsep-konsep pada matapelajaran Biologi, khususnya materi pola-pola
hereditas dan hereditas pada manusia atau rata-rata siswa dapat mencapai nilai diatas 7 setiap diadakan tes.
Disamping itu persentasi aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran, rata-rata mencapai minimal 70%. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran melalui pembelajaran PRIMA dalam kegiatan lesson
study dapat memudahkan siswa menguasai konsep pada materi yang dibelajarkan sehingga dapat meningkatkan
hasil belajar siswa.