• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Prima untuk Mengoptimalkan Penguasaan Konsep Siswa SMA Negeri 2 Gorontalo pada Matapelajaran Biologi

    Thumbnail
    View/Open
    81.pdf (571.7Kb)
    Date
    2016-05-21
    Author
    Yusuf, Frida Maryati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil observasi awal menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran biologi di SMA Negeri 2 Gorontalo, lebih berfokus kepada mengajar daripada membelajarkan, artinya guru mentransfer pengetahuan yang dimilikinya dengan cara menjelaskan, memberi contoh soal, bertanya, mengerjakan latihan, memberikan tugas, dan pada akhir pembelajaran memberi tes yang alternatif jawabannya sesuai dengan apa yang diajarkan. Model pembelajaran PRIMA merupakan model pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran berbasis proyek, yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengintegrasikan pengetahuan baru, dan melakukan kinerja ilmiah dalam bentuk riset secara kolaboratif, sehingga menjadikan siswa mampu menghadapi tuntutan kehidupan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran PRIMA untuk mengoptimalkan penguasaan konsep siswa SMA Negeri 2 Gorontalo pada matapelajaran biologi, dilaksanakan dalam kegiatan lesson study yang terdiri dari 3 tahapan yaitu plan, do, see. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang terdiri dari hasil belajar yang dapat dilakukan dengan memberikan tes formatif, hasil observasi terhadap aktivitas belajar siswa, serta informasi balikan dari siswa, dianalisis setelah pembelajaran dilaksanakan, dengan melihat hasil tes yang diberikan yaitu menunjukkan 70% siswa tuntas dalam pembelajaran, dapat menguasai konsep-konsep pada matapelajaran Biologi, khususnya materi pola-pola hereditas dan hereditas pada manusia atau rata-rata siswa dapat mencapai nilai diatas 7 setiap diadakan tes. Disamping itu persentasi aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran, rata-rata mencapai minimal 70%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran melalui pembelajaran PRIMA dalam kegiatan lesson study dapat memudahkan siswa menguasai konsep pada materi yang dibelajarkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7954
    Collections
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV