Show simple item record

dc.contributor.authorYusuf, Frida Maryati
dc.date.accessioned2016-11-11T01:22:16Z
dc.date.available2016-11-11T01:22:16Z
dc.date.issued2016-05-21
dc.identifier.citationBSNP. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Jakarta. Badan Standar Nasional Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2013 tentang Kurikulum SMA-MA Susilo, Herawati, dkk. 2009. Lesson Study Berbasis Sekolah. Guru Konservatif Menuju Guru Inovatif. Malang. Bayu Media Publishingin_ID
dc.identifier.issn2557-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7954
dc.description.abstractHasil observasi awal menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran biologi di SMA Negeri 2 Gorontalo, lebih berfokus kepada mengajar daripada membelajarkan, artinya guru mentransfer pengetahuan yang dimilikinya dengan cara menjelaskan, memberi contoh soal, bertanya, mengerjakan latihan, memberikan tugas, dan pada akhir pembelajaran memberi tes yang alternatif jawabannya sesuai dengan apa yang diajarkan. Model pembelajaran PRIMA merupakan model pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran berbasis proyek, yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengintegrasikan pengetahuan baru, dan melakukan kinerja ilmiah dalam bentuk riset secara kolaboratif, sehingga menjadikan siswa mampu menghadapi tuntutan kehidupan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran PRIMA untuk mengoptimalkan penguasaan konsep siswa SMA Negeri 2 Gorontalo pada matapelajaran biologi, dilaksanakan dalam kegiatan lesson study yang terdiri dari 3 tahapan yaitu plan, do, see. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang terdiri dari hasil belajar yang dapat dilakukan dengan memberikan tes formatif, hasil observasi terhadap aktivitas belajar siswa, serta informasi balikan dari siswa, dianalisis setelah pembelajaran dilaksanakan, dengan melihat hasil tes yang diberikan yaitu menunjukkan 70% siswa tuntas dalam pembelajaran, dapat menguasai konsep-konsep pada matapelajaran Biologi, khususnya materi pola-pola hereditas dan hereditas pada manusia atau rata-rata siswa dapat mencapai nilai diatas 7 setiap diadakan tes. Disamping itu persentasi aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran, rata-rata mencapai minimal 70%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran melalui pembelajaran PRIMA dalam kegiatan lesson study dapat memudahkan siswa menguasai konsep pada materi yang dibelajarkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectModel Pembelajaran PRIMAin_ID
dc.subjectLesson Studyin_ID
dc.subjectPenguasaan Konsepin_ID
dc.subjectHasil Belajarin_ID
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Prima untuk Mengoptimalkan Penguasaan Konsep Siswa SMA Negeri 2 Gorontalo pada Matapelajaran Biologiin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record