Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Habits of Mind, Emotional Intelligence, dan Penguasaan Konsep Siswa
View/ Open
Date
2016-05-21Author
Daryanes, Febblina
Sriyati, Siti
Priyandoko, Didik
Metadata
Show full item recordAbstract
Kemampuan Habits of Mind, Emotional Intelligence, dan penguasaan konsep dapat dilatih,
dikembangkan, dan ditingkatkan melalui suatu model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui peningkatan Habits of Mind, Emotional Intelligence, dan penguasaan
konsep siswa SMA melalui implementasi Problem Based Learning. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah weak experiment dengan desain penelitian one-group pretestposttest
yang
dilakukan
di
kelas
XI
IPA
1
SMAN
1
Rengat
Riau.
Pengumpulan
data
dilakukan
melalui
angket
Habits of Mind awal dan akhir, angket Emotional Intelligence awal dan akhir,
soal pretest dan posttest materi sistem ekskresi dan sistem saraf. Analisis data penelitian
menggunakan nilai normalisasi gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Habits
of Mind siswa setelah implementasi Problem Based Learning mengalami peningkatan dengan
N-gain sebesar 0,53 berada dalam kategori sedang. Sejalan dengan itu, kemampuan Emotional
Intelligence siswa juga mengalami peningkatan dengan N-gain sebesar 0,33 berada dalam
kategori sedang. Kemampuan penguasaan konsep siswa pada materi sistem ekskresi
mengalami peningkatan dengan N-gain sebesar 0,66 berada dalam kategori sedang, sedangkan
pada materi sistem saraf mengalami peningkatan dengan N-gain sebesar 0,84 berada dalam
kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa implementasi Problem Based Learning dapat
meningkatkan kemampuan Habits of Mind, Emotional Intelligence, dan penguasaan konsep
siswa. Peningkatan kemampuan Habits of Mind, Emotional Intelligence, dan penguasaan
konsep siswa di atas nilai standar 0,31 (N-gain sedang).