Show simple item record

dc.contributor.authorChodijah, Siti
dc.date.accessioned2016-11-12T02:01:49Z
dc.date.available2016-11-12T02:01:49Z
dc.date.issued2016-05-24
dc.identifier.citationBambang Q-Anees, Adang Hambali. (2008). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Borg & Gall. (2003). Educational Research ; An Intruduction. Fifth Edition ; Longman. Dwi Yuwono. (1989). Pencarian Model di Perguruan Tinggi. Bandung: Disertasi, Sps UPI Fenti Hikmawati. (2008). Model Konseling Islami Untuk Meningkatkan Komitmen Beragama. Bandung: Disertasi Sps UPI. Imam Al-ghazali. (2005), Ihya’ ‘Ulumudin (terjamhan). Bandung: Pustaka. Muhammad Surya. (2003). Mewujudakan Bimbingan dan Konseling Profesional. Bandung: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP UPI. Rosihon Anwar. (2010). Akidah Akhlak. Bandung: Pustaka Setia. Syamsu Yusuf, A.Juntika Nurihsan. (2006). Landasan Bimbinga dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. Tim Editor. (2006). Pandangan Keilmuan UIN Wahyu Memandu Ilmu. Bandung: Gunung Djati Press. Undang-Undang No.30 tahun (2010). Tentang Pendidikan. Bandung: Citra Umbara. WJS. Poerwodarminto. (tt) Kamus Umum Bahasa Indonesia. Afif Muhammad. (Belajar Filsafat Di IAIN, tersedia (on line) http://ahmadsahidin.wordpress.com/2008/10/28/312/, download tanggal 25 Desember 2009). Afif Muhammad. Bimbingan dan Konseling Perkembangan (Pengantar), tersedia (on line), http://www.scribd.com/doc/13171959/Ia-Konsep-BK-an, download tanggal 25 Desember 2009).in_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-048-8
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7970
dc.description.abstractPendidikan merupakan hal penting bagi kehidupan manusia, sebab pendidikan dapat meningkatkan dan mengembangkan seluruh potensi diri baik akal, jasmani dan rohani, sehingga individu yang bersangkutan dapat berinteraksi dengan baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Pemerintah mendirikan lembaga-lembaga pendidikan dari tingkat TK (Taman Kanak-kanak) sampai Perguruan Tinggi. BK (Bimbingan dan Konseling) salah satu pilar untuk mengatasi akhlak yang buruk dan meningkatkan akhlak yang baik, bimbingan dan konseling di Perguruan Tinggi yang sesuai dengan kondisi di Indonesia salah satunya adalah bimbingan dan konseling Komprehensif (akademik, sosial-pribadi, dan karir). Penelitian ini bertujuan untuk menyusun model Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi bagi mahasiswa, yang dilandasi konsep-konsep bimbingan serta kondisi empiris di lapangan berkaitan dengan kebutuhan Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi yang telah dilakukan oleh dosen pembimbing akademik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah. R&D sebagai strategi penelitian karena sesuai dengan tujuan penelitian. Penelitian dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu : 1) studi pendahuluan; 2) pengembangan dan validasi rasional model; 3) validasi empirik; dan 4) revisi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan studi pustaka. Analisis data dilakukan melalui draf model kelompok eksperimen dan kelompok kontrol kemudian keduanya dibandingkan hasilnya. Adapun data hasil uji validasi yang dimaksudkan untuk mengetahui tingkat efektivitas model bimbingan dan sebagai produk peneltian ini akan dianalisis secara deskriptif naratif jika jenis data tersebut kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: pertama, gambaran mengenai profil akhlak mulia mahasiswa di UIN Sunan Gunung Djati Bandung adalah cukup baik, maka perlu di tingkatkan lagi; kedua, upaya yang telah dilakukan dosen pembimbing akademik untuk mengembangkan dan mendorong akhlak mulia mahasiswa dalam bidang akademik,sosial- pribadi, dan karir, sehingga perlu adanya pengembangan bimbingan tersebut; ketiga, model Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi yang sudah dikembangkan di universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung dalam meningkatkan akhlak mulia mahasiswa perlu diperhatikan dan ditingkatkan lagi; dan keempat, efektivitas model Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi yang sudah dikembangkan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam meningkatkan akhlak mulia mahasiswa tergolong dalam kategori cukup efektif, sehingga perlu adanya kerja sama dari semua civitas akademika dalam mengembangkan model Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi dalam meningkatkan akhlak mulia mahasiswa.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectBimbingan dan konselingin_ID
dc.subjectModelin_ID
dc.subjectKomprehensifin_ID
dc.subjectAkhlakin_ID
dc.titleImplementasi Integrasi Keilmuan Dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi Islam Melalui Model Bimbingan dan Konseling Komprehensif Dalam Meningkatkan Akhlak Mulia Mahasiswain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record