Kajian Penerapan Problem Based Learning Dipadu Numbered Head Together Berbasis Lesson Study
View/ Open
Date
2016-05-21Author
Kuniasari, Intan Rezki
Susilo, Herawati
Hastuti, Utami Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Berdasarkan hasil observasi di kelas VIII-D di SMP Negeri 1 Wagir tahun ajaran 2015-2016
pembelajaran yang dilakukan guru masih bersifat konvensional. Selain itu juga pernah diterapkan
metode diskusi namun kurang berjalan secara efektif artinya pola diskusi yang belum terarah
menyebabkan siswa kurang fokus ketika diskusi kelompok, sehingga di dalam kegiatan diskusi
siswa ada yang melamun dan bermain dengan temannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut
maka diterapkan pembelajaran Problem Based Learning dipadu Numbered Heads Together
berbasis Lesson Study. Model pembelajaran PBL dipadu NHT merupakan integrasi kedua model
pembelajaran tersebut, dimana disetiap pertemuan diterapkan tahap LS (plan, do, see). Tujuan
penelitian ini adalah meningkatkan proses pembelajaran Biologi untuk mencapai tujuan
pembelajaran di kelas VIII-D di SMP Negeri 1 Wagir. Studi ini merupakan sebagian dari
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis Lesson study. Hasil dari see pada open class pertama
sudah menunjukkan pola interaksi diskusi yang positif, hal itu ditunjukkan saat siswa sudah
terlihat aktif dalam kegiatan diskusi bersama di dalam kelompok dan juga kegiatan presentasi.
Namun masih ada beberapa siswa yang terlihat masih bingung dengan pola diskusi yaitu PBL
dipadu NHT sehingga ada 2 kelompok yang proses diskusinya belum efektif hal tersebut
mempengaruhi saat kegiatan diskusi. Kekurangan dari open class pertama diperbaiki pada open
class kedua, yaitu dengan guru menerangkan tahapan langkah pembelajaran PBL dipadu NHT
diawal pembelajaran dan melakukan pendampingan kepada siswa saat kegiatan diskusi. Hasil
tahap see kedua menunjukkan bahwa siswa telah terbiasa dengan model pembelajaran yang
diterapkan sehingga siswa telah belajar secara aktif baik dalam kegiatan diskusi dan presentasi.
Kesimpulan dari studi pembelajaran ini adalah proses pembelajaran Biologi yang dilakukan
menggunakan model PBL dipadu NHT berbasis lesson study dapat mengaktifkan semua siswa
dalam kegiatan diskusi dan presentasi.