Show simple item record

dc.contributor.authorKuniasari, Intan Rezki
dc.contributor.authorSusilo, Herawati
dc.contributor.authorHastuti, Utami Sri
dc.date.accessioned2016-11-15T01:21:18Z
dc.date.available2016-11-15T01:21:18Z
dc.date.issued2016-05-21
dc.identifier.citationArends, R. 2008. Belajar Untuk Mengajar. Edisi Ketujuh. Terjemahan Helly Prayitno, S. Dan Sri Mulyantini, S. 2008. Yogyakarta: Pustaka Pelajar BPSDMPK-PMP. 2015. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/Mts IPA. Jakarta: Kementerian Kebudayaan Dan Pendidikan Bradley, A. Ermeling & Genevieve, G. Ermeling. 2014. Learning to learn from teaching: a first-hand account of lesson study in Japan. International Journal for Lesson and Learning Studies, Vol. 3 Iss 2 pp.170 – 191. (Online) Ibrahim, H,M, dkk. 2008. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press Maasawet. E.T. 2009. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Snowballing dan Numbered Head Together (NHT) pada Sekolah Multietnis terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif Sains Biologi dan Sikap Sosial Siswa SMP Samarinda. Disertasi Tidak Diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana Unversitas Negeri Malang Margiana, I Nengah. 2013. Penerapan Metode Cooperative Learning Model Numbered Head Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMAN 2 Semarapura. Jurnal Ilmiah Disdikpora Nafilah, Ervin & Azizah, Utiya. 2015. Keterampilan Metakognitif Siswa melalui Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Kesetimbangan Kimia di Kelas XI SMA Negeri 1 Sumenep. UNESA Journal of Chemical Education, Vol.4, No.2, pp. 204-211. (Online) diakses 2 September 2015 OECD. 2012. PISA 2012 Results In Focus: What 15-Year-Olds Know And What They Can Do With What They Know. (Online) (Http://Www.Oecd.Org/Pisa/Keyfindings/Pisa-2012-Results-Overview.Pdf) Diakses 29 Oktober 2015 Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Syamsuri, I & Ibrohim. 2011. Lesson Study (Studi Pembelajaran). Malang: UM Pressin_ID
dc.identifier.issn2557-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7972
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi di kelas VIII-D di SMP Negeri 1 Wagir tahun ajaran 2015-2016 pembelajaran yang dilakukan guru masih bersifat konvensional. Selain itu juga pernah diterapkan metode diskusi namun kurang berjalan secara efektif artinya pola diskusi yang belum terarah menyebabkan siswa kurang fokus ketika diskusi kelompok, sehingga di dalam kegiatan diskusi siswa ada yang melamun dan bermain dengan temannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diterapkan pembelajaran Problem Based Learning dipadu Numbered Heads Together berbasis Lesson Study. Model pembelajaran PBL dipadu NHT merupakan integrasi kedua model pembelajaran tersebut, dimana disetiap pertemuan diterapkan tahap LS (plan, do, see). Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan proses pembelajaran Biologi untuk mencapai tujuan pembelajaran di kelas VIII-D di SMP Negeri 1 Wagir. Studi ini merupakan sebagian dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis Lesson study. Hasil dari see pada open class pertama sudah menunjukkan pola interaksi diskusi yang positif, hal itu ditunjukkan saat siswa sudah terlihat aktif dalam kegiatan diskusi bersama di dalam kelompok dan juga kegiatan presentasi. Namun masih ada beberapa siswa yang terlihat masih bingung dengan pola diskusi yaitu PBL dipadu NHT sehingga ada 2 kelompok yang proses diskusinya belum efektif hal tersebut mempengaruhi saat kegiatan diskusi. Kekurangan dari open class pertama diperbaiki pada open class kedua, yaitu dengan guru menerangkan tahapan langkah pembelajaran PBL dipadu NHT diawal pembelajaran dan melakukan pendampingan kepada siswa saat kegiatan diskusi. Hasil tahap see kedua menunjukkan bahwa siswa telah terbiasa dengan model pembelajaran yang diterapkan sehingga siswa telah belajar secara aktif baik dalam kegiatan diskusi dan presentasi. Kesimpulan dari studi pembelajaran ini adalah proses pembelajaran Biologi yang dilakukan menggunakan model PBL dipadu NHT berbasis lesson study dapat mengaktifkan semua siswa dalam kegiatan diskusi dan presentasi.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectProblem Based Learning dipadu Numbered Heads Togetherin_ID
dc.subjectLesson studyin_ID
dc.titleKajian Penerapan Problem Based Learning Dipadu Numbered Head Together Berbasis Lesson Studyin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record