Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA
View/ Open
Date
2016-05-21Author
Nursyamsi SY
Duran, Aloysius
Susilo, Herawati
Metadata
Show full item recordAbstract
Kecakapan berpikir adalah salah satu dasar keterampilan pendukung pada abad 21. Salah satu
kecakapan berpikir adalah keterampilan berpikir kritis.. Rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa terlihat
dari rendahnya siswa menjawab benar dalam Program For Internasional Student Assessment (PISA) 2012 dan
menempati urutan 64 dari 65 negara. Dalam studi PISA (2012), siswa Indonesia lemah dalam menyelesaikan
soal-soal yang membutuhkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) seperti soal yang berhubungan dengan
penyelesaian masalah kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi
pembelajaran NHT terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen.
Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Postest Non-equivalent Control Design. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI SMA Muara Badak pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Sampel
penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Dua kelas yang digunakan masing-masing berjumlah
30 siswa. Data diperoleh dari tes menggunakan soal essai. Data penelitian ini dianalisis menggunakan Anakova.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi pembelajaran memberikan pengaruh terhadap keterampilan
berpikir kritis. Atas dasar perbandingan rerata terkoreksi diketahui bahwa strategi pembelajaran NHT
memberikan pengaruh lebih besar yaitu sebesar 25,89%, dibandingkan pengaruh yang disebabkan oleh
pembelajaran konvensional.