Show simple item record

dc.contributor.authorNursyamsi SY
dc.contributor.authorDuran, Aloysius
dc.contributor.authorSusilo, Herawati
dc.date.accessioned2016-11-16T01:15:20Z
dc.date.available2016-11-16T01:15:20Z
dc.date.issued2016-05-21
dc.identifier.citationArnyana. I. B. P. 2004. Pengembangan Model Belajar Berdasarkan Masalah dipadu Strategi Kooperatif serta Pengaruh Implementasinya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah pada Pembelajaran Ekosistem. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. 2011. Research Methods in Education. London: Routledge. Eggen, P & Kauchak, D. 2012. Strategi Model Pembelajaran: Mengajarkan konten dan Keterampilan Berpikir. Terjemahan oleh Satrio Wahono. 2012. Jakarta: PT Indeks Greenstein, L. 2012. Assesing 21 Century Skills: to Guided to Evaluating Mastery and Autenthic Learning. USA: Corwin. Hamsiah. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Peer Mediated Instruction And Investigation Tipe Classwide Peer Tutoring dan Kemampuan Akademik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil belajar kognitif, dan Afektif IPA Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Bontang Tahun Ajaran 2011/2012. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Ibrahim, M, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. University Press. Irmawati, Tiara. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek 2016 (ISSN: 2557-533X) Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran Geografi Di SMA. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Maasawet, Elsje Theodora. 2009. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Snowballing dan Numbered Heads Together (NHT) pada Sekolah Multietnis terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif Sains Biologi dan Sikap Sosial Siswa SMP Samarinda. Disertasi Tidak Diterbitkan. Malang. Universitas Negeri Malang Muhfahroyin, 2009. Pengaruh Strategi Pembelajaran Integrasi STAD dan TPS dan Kemampuan Akademik terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Keterampilan Proses Siswa SMA di Kota Metro. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., & Arora, A. 2012. TIMSS 2011 Internastional Result in Mathematics. Chestnut Hill, MA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Boston College Nur, Muhammad. 2005. Pembelajaran Kooperatif, Surabaya: UNESA Press Pusparini. 2012. Pengaruh Integrasi Pembelajaran STAD dengan Menggunkan Penilaian Portofolio dan Kemampuan Akademik terhadap Pemahaman Konsep da Kemampuan Berpikir kritis Siswa Kelas VIII SMPN 12 Balikpapan pada Pembelajaran Biologi. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. OECD. 2012. PISA 2012 Results in Focus. What 15-Year-Olds Know and What They Can Do with What They Know. Diakses dari http://www.oecd-ilibrary.org Santrock, J. W. 2014. Psikologi Pendidikan. Terjemahan oleh Harya Bhimasena. Jakarta: Penerbit Salemba Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing. Suprijono, A, 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Thomas, T. 2011. Developing First Year Students’ Critical Thinking Skills. Asian Social Science. 7 (4).in_ID
dc.identifier.issn2557-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7978
dc.description.abstractKecakapan berpikir adalah salah satu dasar keterampilan pendukung pada abad 21. Salah satu kecakapan berpikir adalah keterampilan berpikir kritis.. Rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa terlihat dari rendahnya siswa menjawab benar dalam Program For Internasional Student Assessment (PISA) 2012 dan menempati urutan 64 dari 65 negara. Dalam studi PISA (2012), siswa Indonesia lemah dalam menyelesaikan soal-soal yang membutuhkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) seperti soal yang berhubungan dengan penyelesaian masalah kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran NHT terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Postest Non-equivalent Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Muara Badak pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Dua kelas yang digunakan masing-masing berjumlah 30 siswa. Data diperoleh dari tes menggunakan soal essai. Data penelitian ini dianalisis menggunakan Anakova. Hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi pembelajaran memberikan pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis. Atas dasar perbandingan rerata terkoreksi diketahui bahwa strategi pembelajaran NHT memberikan pengaruh lebih besar yaitu sebesar 25,89%, dibandingkan pengaruh yang disebabkan oleh pembelajaran konvensional.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectStrategi Pembelajaranin_ID
dc.subjectNHTin_ID
dc.subjectBerpikir Kritisin_ID
dc.titlePengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record