Mind Map Sebagai Model Pembelajaran Menilai Penguasaan Konsep dan Alat Evaluasi Menilai Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
Abstract
Mind map atau peta pikiran merupakan teknik pencatatan yang dikembangkan pada tahun 1970-an
oleh Tony Buzan. Mind map mengembangkan suatu teknik mencatat yang didasari oleh teori kerja
otak sebelah kanan dan sebelah kiri untuk memahami, mengatur, mengorganisasi dan menyimpan
informasi. Dalam penelitian ini, Mind Map digunakan sebagai model pembelajaran dan rubrik
evaluasi. Penelitian ini menganalisis pengaruh dari model pembelajaran Mind Map terhadap
penguasaan konsep dengan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat diketahui t
hitung
(2,1865)
> t
tabel
(2,113). Selain itu, juga menganalisis pengaruh model pembelajaran Mind Map terhadap
evaluasi pembuatan Mind Map oleh siswa untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif. Hasil
analisis rubrik selama tiga kali pertemuan menunjukkan bahwa pembuatan Mind Map secara rutin
meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian mix method
dengan pengolahan data secara kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah tes hasil belajar dan rubrik penilaian mind map.