dc.contributor.author | Putri, Lukita Octavia Lukman | |
dc.date.accessioned | 2016-11-17T02:10:50Z | |
dc.date.available | 2016-11-17T02:10:50Z | |
dc.date.issued | 2016-05-21 | |
dc.identifier.citation | Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional. Basoeki, S. (1988). Anatomi dan Fisiologi Manusia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Budiyono, S. (2011). Anatomi Tubuh Manusia. Jakarta: Laskar Aksara. Buzan, T. (2011). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Campbell, R. (2004). Biologi Edisi Kelima Jilid III. Jakarta: Erlangga. DePorter, B. (2010). Quantum Teaching. Bandung: PT Mizan Pustaka. Isjoni. (2010). Cooperative Learning. Bandung: Penerbit Alfabeta. Isnaeni, W. (2006). Fisiologi Hewan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius. Munandar, S. C. U. (1985). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia. Munandar, S. C. U. (1999). Kreativitas & Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat. Jakarta: PT Gramedia Pratiwi, D.A. (2006). Biologi SMA Jilid 2 Untuk Kelas XI. Jakarta: Penerbit Erlangga. Priadi, A. (2009). Biology Senior High School Year XI. Jakarta: Yudhistira. Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Prenada Media Group. Silberman, M. (2009). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani. Subana. 2005. Statistik Pendidikan. Bandung: Penerbit CV Pustaka Setia. Syamsuri, I. (2007). Biologi Untuk SMA Kelas XI Semester 2. Jakarta: Erlangga. University of Minnesota & Marieke van Dijk. 2004. HRD 5103 : Psycological Foundation of HRD [Human Resource Development]. Diakses dari http://dmc.umn.edu/activities/mindmap.html (28 Maret 2012). Zaini, H. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2557-533X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7980 | |
dc.description.abstract | Mind map atau peta pikiran merupakan teknik pencatatan yang dikembangkan pada tahun 1970-an
oleh Tony Buzan. Mind map mengembangkan suatu teknik mencatat yang didasari oleh teori kerja
otak sebelah kanan dan sebelah kiri untuk memahami, mengatur, mengorganisasi dan menyimpan
informasi. Dalam penelitian ini, Mind Map digunakan sebagai model pembelajaran dan rubrik
evaluasi. Penelitian ini menganalisis pengaruh dari model pembelajaran Mind Map terhadap
penguasaan konsep dengan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat diketahui t
hitung
(2,1865)
> t
tabel
(2,113). Selain itu, juga menganalisis pengaruh model pembelajaran Mind Map terhadap
evaluasi pembuatan Mind Map oleh siswa untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif. Hasil
analisis rubrik selama tiga kali pertemuan menunjukkan bahwa pembuatan Mind Map secara rutin
meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian mix method
dengan pengolahan data secara kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah tes hasil belajar dan rubrik penilaian mind map. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Penguasaan Konsep | in_ID |
dc.subject | Berpikir Kreatif | in_ID |
dc.subject | Mind Map | in_ID |
dc.subject | Model Pembelajaran | in_ID |
dc.subject | Rubrik | in_ID |
dc.title | Mind Map Sebagai Model Pembelajaran Menilai Penguasaan Konsep dan Alat Evaluasi Menilai Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |