Pembuatan Permainan Ular Tangga Fisika sebagai Media Pembelajaran pada Materi Pemanasan Global untuk Siswa SMP
View/ Open
Date
2016-05-21Author
Tani, Sekar
Kolis, Fatma Roudhotul Rafida
Khoirunika, Siti
Metadata
Show full item recordAbstract
Fenomena pemanasan global merupakan isu lingkungan yang sampai saat ini masih menjadi
pokok permasalahan seluruh negara di dunia. Dalam proses mengurangi dampak pemanasan
global, pemerintah Indonesia memasukkan isu ini dalam kurikulum pendidikan sekolah menengah
sebagai salah satu kompetensi dasar. Tujuan pembuatan pengembangan media pembelajaran ini
adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang interaktif berupa permainan ular tangga
fisika pada materi pemanasan global untuk siswa SMP kelas VII semester 2, sehingga siswa lebih
antusias dan dapat memahami materi dengan mudah. Prosedur pembuatan media pembelajaran
permainan ular tangga fisika terdiri dari beberapa tahap, yaitu: (1) pembuatan peta konsep, (2)
pembuatan peta kompetensi, (3) pembuatan desain papan ular tangga, (4) pembuatan papan ular
tangga, (5) pembuatan dadu, (6) pembuatan pion, (7) pembuatan kartu pertanyaan, (8) pembuatan
kartu bonus, (9) pembuatan kartu hukuman, (10) pembuatan peraturan permainan dan penskoran.
Pembuatan desain papan ular tangga, kartu pertanyaan, kartu bonus dan kartu hukuman
menggunakan software CorelDRAW X7. Pembuatan peta konsep dan peta kompetensi
menggunakan software Microsoft Word didasarkan pada kurikulum 2013. Pembuatan pion dan
dadu dibuat secara manual. Desain papan ular tangga ukuran 30 x 30 cm dan dicetak dengan
menggunakan art paper. Papan ular tangga berukuran 30 x 30 cm dibuat menggunakan kayu LDR
yang ramah lingkungan. Hasil pembuatan pengembangan media pembelajaran ini adalah
permainan ular tangga fisika sebagai media pembelajaran fisika pada materi pemanasan global
untuk siswa kelas VII semester 2. Implikasi dari penerapan media ini dalam pembelajaran adalah
siswa diharapkan dapat berpartisipasi aktif mengurangi dampak pemanasan global dalam
kehidupan sehari-hari.